Friday, July 7, 2017

Panduan Lengkap Cara Mengganti Template blogger

Indobloogger.- Template adalah salah satu dari sekian banyak yang menyebabkan pengunjung blog kita betah berlama-lama. Oleh sebab itu, kita jangan asal-asal memilih atau memasang template blogger yang kurang efektif bagi blog kita. Untuk memilih template blog yang tepat dibutuhkan strategi atau trik yang harus diterapkan. Setelah anda memilih template blog yang sekiranya cocok buat blog anda langkah selanjutnya yaitu memasang template blogger tersebut. Mungkin artikel ini tidak cocok bagi yang sudah berpengalaman di dunia blog. Mungkin artikel ini sudah tidak berguna untuk yang sudah paham dan mengerti bagaimana cara mengganti template blog. Artikel ini saya tujukan untuk blogger pemula yang mengalami kesulitan dalam mengganti template blog atau mungkin ada yang belum mengerti cara menggantinya.

Saya akan berbasa basi terlebih dahulu, jika tidak ingin membaca basa basi saya silahkan langsung lihat tutorialnya saja. Banyak problem atau kendala bagi blogger pemula di indonesia. Terutama kendala dalam mengoptimalkan blog yang dimiliki. Salah satu kendala yaitu gimana cara mengganti template blogger atau yang bisa disebut dengan tampilan blog. Saya juga mempunyai teman yang baru pertama kali ngeblog. Terus tanya kesaya gimana cara mengubah tampilan blog, yaudah saya jelasin begini-begini dan begini. Dari situlah saya ingin membuat artikel mengenai bagaimana cara mengganti template blogger.
cara mengganti template blogger dengan mudah
Panduan Lengkap Cara Mengganti Template blogger
Untuk merubah atau mengganti template blogger sebenarnya ada dua hal yang perlu diperhatikan. Yang dimaksud merubah itu, merubah dengan template yang di upload sendiri atau merubah ketemplate yang sudah disediakan blogger. Intinya sama sama merubah tampilan tapi caranya berbeda. Tetapi tidak masalah, di artikel ini saya akan memberi tutorialnya. Langsung saja simak tutorial berikut ini.

Untuk tutorial ini ada 2 cara yang bisa kita lakukan untuk mengganti template blogger. Yang pertama mengganti dengan template bawaan blogger.com dan yang kedua mengganti template dengan template yang didownload sendiri di internet. Berikut tutorialnya :

1. Mengganti dengan template bawaan blogger.com

Ketika anda pertama kali membuat blog pastinya sudah disiapkan template bawaan atau template yang gratis digunakan siapa saja oleh pihak blogger sendiri. Dan belum lama ini, pihak blogger mengeluarkan 4 template baru, di blog ini sudah saya buatkan artikelnya yang berujudul blogspot rilis 4 template terbaru 2017  Tapi biasanya ketika masih pemula seperti saya dulu, saya suka coba coba templatenya. Mungkin ada yang mau mengganti dengan template blog bawaan. Berikut langkah-langkahnya

  • Buka akun blogger anda terlebih dahulu
  • Setelah itu klik opsi tema 
  • Scroll down dan pilihlah template yang ingin anda gunakan
  • Dan di klik temanya, setelah itu klik terapkan ke blog dan lihatlah hasilnya
  • jika kurang paham bisa lihat gambar di bawah ini
mengganti template blogger
klik tema- pilih template yang anda ingin kan dan klik tema tersebut

mengganti template blogger
klik terapkan ke blog jika sudah pasti ingin menggunaknanya atau ingin anda sesuaikan terlebih dahulu

2. Mengganti dengan template yang di download sendiri

Blogger memiliki template bawaan sendiri, tetapi anda juga bisa mendownload template dari situs penyedia template yang suport blogger dan memasang di blog anda. Tetapi untuk memilih template yang di download, anda harus memperhatikan beberapa poin memilih template blog yang tepat. Untuk yang belum mengerti silahkan baca artikel di blog ini mengenai pentingnya memilih template blog yang tepat. Jika anda sudah mendapatkan atau sudah download template blog yang tepat selanjutnya anda tinggal memasang template tersebut. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:
  • Buka akun blogger anda terlebih dahulu
  • Klik opsi tema yang berada di bagian kiri
  • Setelah itu klik tulisan backup/pulihkan dan klik tulisan tersebut
  • Klik tulisan "pilih file" maka akan mengarah ke file di perangkat anda
  • Cari file template yang anda download tersebut yang jenis filenya berbentuk XML
  • Setelah itu upload template tersebut
  • Silahkan cek blog anda
Untuk antisipasi silahkan download tema blog anda terlebih dahulu agar jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan, anda bisa mengembalikan seperti semula lagi. Dengan cara download tema di atas tulisah pilih file. Jika cara ini kurang jelas, silahkan lihat gambar ini untuk lebih memperjelasnya.
mengganti template blogger
klik tema kemudian klik backup/pulihkan

mengganti template blogger
download tema untuk membackup tema anda sebelum di ganti dan pilih file tema kemudian upload

Kesimpulan

Cara merubah template blog sebenarnya sangatlah mudah dan tidak susah sama sekali. Tapi yang menurut saya sedikit lebih rumit ketika anda igin edit template tersebut. Dibutuhkan waktu yang tidak sedikit untuk edit template sesuai selera. Tapi juga tidak ada yang tidak mungkin jika kita ingin berusaha. Ya mungkin itu saja yang bisa saya bahas saat ini. Jika ada yang kurang paham silahkan tanyakan di kolom komentar atau ada yang ingin memberi kritik dan saran. Saya terbuka jika ada yang ingin memberi keritik dan saran demi berkembangnya blog ini. 

Previous Post
Next Post

post written by:

2 comments:

  1. Mantap, saya bookmark dulu siapa tahu pengen ganti. Template...

    ReplyDelete