Monday, August 7, 2017

Pengertian Sistem Operasi Yang Harus Anda Ketahui

Pengertian sistem operasi (OS) - Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini. Namun sebagian kalangan masyarakat masih ada yang belum mengerti apa itu sistem operasi. Sistem operasi sebenarnya kerap kita jumpai dimana saja. Anda punya smartphone ? nah, smartphone itu juga menggunakan salah satu sistem operasi. Selain di smartphone juga ada pada perangkat lainnya, seperti laptop, komputer dan lain sebagainya.
Pengertian Sistem Operasi Yang Harus Anda Ketahui
Pengertian Sistem Operasi Yang Harus Anda Ketahui
Pada artikel ini saya akan menjelaskan pengertian sistem operasi. Sistem operasi atau yang biasa disebut dengan operating system (OS) adalah perangkat lunak yang tugasnya sebagai pengatur, mengendalikan sebuah perangkat keras dan memberikan kemudahan untuk pemakai dalam penggunaan sebuah perangkat. Sistem operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software aplikasi. Layanan tersebut seperti akses ke disk, manajem memori, tugass pendjwalan, dan antar-muka user. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas ini dinamakan dengan kernel suatu sistem operasi.

Sistem operasi sendiri mempunyai berbagai ragam sistem operasi atau jenisnya. Sistem operassi yang biasa digunakan untuk sistem komputer umum termasuk komputer personal terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu:

  1. Keluarga Microsoft Windows - Sistem operasi windows merupakan salah satu dari ketiga sistem komputer yang pada umumnya digunakan di berbagai perangkat. Sistem operasi ini memiliki berbagai versi hingga versi terakhir yang di rilis yaitu windows 10. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang paling banyak digunakan. Awal mula sistem operasi ini dirilis pada tanggal 20 November 1985 dengan versi windows 1.0. Pada awalnya, windows 1.0 ini akan dinamakan dengan nama Interface Manager. Tetapi, Rowland Hanson, kepala bagian pemasaran di Microsoft Corporation, meyakinkan para petinggi bahwa nama Windows lebih tepat dan lebih memikat konsumen. Tahun demi tahun berlalu, akhirnya perusahaan ini berkembang pesat hingga saat ini, dan saat ini perusahaan tersebut masih mengembembangkan versi demi versi.
  2. Keluarga Unix - Sistem operasi ini menggunakan antarmuka sistem operasi POSIX, seperti SCO UNIX, keluarga BSD (Berkeley Software Disstribution), GNU/Linux, debian, red hat, SUSE, Ubuntu dan lain sebagainya. Sistem operasi Unix digunakan secara luas, baik menjadi server maupun workstation. Unix pertama kali berkembang dari MULTICS, sebuah proyek sistem operasi yang multiuser. Sistem operasi ini dikembangkan oleh banyak pihak. Jadi wajar saja jika banyak jenis-jenis UNIX. 
  3. Keluarga Mac OS - Sistem operasi ini diterbitkan pertama kali oleh industri komputer Apple yang disebut dengan nama Masc atau Macintosh. Sistem operasi ini tidak cocok atau tidak kompatible dengan PC berbasi IBM. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 1984. Namun pada tahun 2001-20016 pada saat peluncuran MAC OS X kini sistem operasi ini dapat dijalankan dengan menggunakan komputer berbassis prosesor Intel dan PowePC. Setelah itu, Apple meluncurkan Snow Leopard yang merupakan versi pertama MAC OS X yang hanya dapat dibuka atau dijalankan di prosesor Inter Macs.
Mungkin cukup itu yang bisa saya jelaskan mengenai pengertian sistem operasi dan beberapa contoh ragam sistem operasi yang biasa digunakan pada komputer pada umumnya.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: