Friday, May 19, 2017

Perbedaan Wordpress dan Blogger Beserta Kelebihan dan Kekurangan

Perbedaan Wrodpress dan Blogger.- Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya wordpress.com dan blogger.com . Kedua situs tersebut sama-sama berfungsi sebagai alat pembuat blog. Tapi kedua situs tersebut memiliki perbedaan. Sudah banyak artikel di google yang membahas mengenai perbedaan wordpress dan blogger. Dari kedua situs tersebut, pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing masing. Kelebihan blogger dan kelebihan wordpress pasti juga ada, dan kekurangan wordprees dan blogger pastinya juga ada. Karena tidak ada hal yang sempurna.

Sebagian orang mungkin sudah membanding-bandingkan mana yang lebih bagus dan baik. Lebih baik wordpress atau lebih baik blogger itu akan saya bahas nanti. Dan ada sebagian kalangan yang bingung ingin memilih mana, terutama bagi pemula seperti saya. Bingung ingin memilih wordpress atau memilih blogger. Semua akan saya bahas dalam artikel ini. Begitu juga dengan perbedaan wordpress.com dan wordpress.org.
Perbedaan Wordpress dan Blogger Beserta Kelebihan dan Kekurangan
Perbedaan Wordpress dan Blogger Beserta Kelebihan dan Kekurangan
Salah satu kendala seorang blogger pemula biasanya ketika memilih platform yang tepat. Tentunya memilih platform yang tepat adalah salah satu persiapan jika anda ingin terjun di dunia blog. Semua orang memiliki pendapat yang berbeda beda terhadap platform tersebut. Berikut penjabaran agar anda dapat memilih platform yang tepat bagi anda.

Wordpress.com dan Blogger.com

Wordpress.com dan blogger.com merupakan salah satu platform yang terkenal saat ini. Wordpress merupakan salah satu situs yang didirikan oleh perusahaan Automattic sedangkan blogger.com didirikan oleh perusahaan Google.  Karena wordpress.com dan blogger.com dibawah tangung jawab perusahaan yang berbeda. Pastinya memiliki fitur dan tampilan yang berbeda-beda. Berikut beberapa poin agar lebih jelas.
  • Wordpress.com dan Blogger.com sama sama gratis dan bisa di gunakan oleh siapa saja. 
  • Dari segi keamanan sama sama super aman. Tetapi kemungkinan besar lebih aman blogger. Karena di bawah tangung jawab Google
  • Untuk server. Kedua situs ini sama sama bagus servernya. Jarang sekali yang namanya server down. Terutama untuk blogger yang langsung menggunakan server google.
  • Template atau tampilan blog yang di sedikana blogger semuanya free/gratis sedangkan yang disediakan wordpress.com ada yang free dan ada yang berbayar.
  • Ketika awal membuat blog. Jika anda membuat di blogger.com, blog anda tanpa ada iklan. Jika anda membuat di wordpress.com blog anda akan ada iklan dari pihak wordpress.

Kelebihan wordpress.com dan blogger.com

Dikarenakan wordpress.com dan blogger.com berbeda perusahan, pasti dari kedua situs tersebut memiliki kelebihannya masing-masing dan mungkin ada yang sama. Berikut kelebihn wordpress.com dan blogger.com

Kelebihan wordpress.com

  • Gratis selamanya jika mengambil paket gratis
  • Mudah digunakan bagi yang sudah terbiasa
  • Tidak ribet untuk menata theme karena sudah ada fiturnya
  • Server jarang down
  • Keamanan terjamin
  • Jika  membuat artikel di MS Word. Anda bisa langsung copy paster artikel tersebut
  • Tersedia ratusan theme yang gratis jika ingin digunakan

Kelebihan blogger.com

  • Gratis digunakan
  • Satu akun blogger bisa membuat 100 blog
  • Mudah digunakan
  • Artikel tidak terbatas
  • Template full gratis 
  • Keamanan terjamin dari pihak google
  • Server terjami dari pihak google

Kekurangan wordpress.com dan blogger.com

Semua hal pasti tidak ada yang sempurna. Begitu juga dengan kedua situs ini. Pasti memiliki kekurangannya masing masing. Berikut kekurangan wordpress.com dan blogger.com

Kekurangan wordpress.com

  • Tidak bisa mengatur halaman dengan bebas
  • Kapasitas terbatas 3GB
  • Fitur terbatas dan jika ingin fitur tambahan, anda harus membayar perbulannya dengan paket-paket yang tersedia
  • Ada iklan dari pihak wordpress sendiri
  • Harus menaati peraturan dari pihak wordpress
  • Tidak bisa dipasang Adsanse 

Kekurangan blogger.com

  • Tidak memiliki akses bebas terhadap halaman
  • Harus menaati aturan dari google, bila tidak blog anda akan di hapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  • Statistika blogger tidak bisa menjadi acuan karena tidak lengkap.
  • D.l.l

Wordpress.org

Wordpress.org merupakan salah satu platform blog yang masih sama dengan wordpress.com. Tetapi antara kedua link tersebut sangatlah berbeda fitur-fiturnya. Simpelnya, jika menggunakan wordpress.com masih ada batasan yang tidak bisa kita lewat. Tapi jika anda menggunakan wordpress.org semua kunci anda pegang. Mulai dari tampilan, kemanan, server dll. Maka dari itu, diperlukan modal awal jika anda menggunakan wordpress.org. Wordpress.org biasa disebut dengan nama wordpress self-hosted. Intinya jika anda menggunakan wordpress self-hosted semua kendali ada di tangan anda. Jadi anda ingin membuat blog seperti apa aja bisa. Tapi pastinya memiliki kelebihan dan kekeuranganya. Berikut kelebihan dan kekurangan wordpress self-hosted :

Kelebihan wordpress.org (self-hosted)

  • Full control. kayaknya kelebihannya cuman itu. Intinya jika anda bisa menggunakan wordpress.org dengan baik dan benar maka blog anda termasuk blog master. Jadi tidak perlu saya tambahin lagi kelebihannya. Karena memang udah bagus banget menggunakan platform ini. Tapi perlu digaris bawahi, jika anda ingin menggunakan platform ini berarti anda harus berani mengeluarkan modal awal. Karena barang bagus dimana-mana tidak gratis.

Kekurangan wordpress.org (self-hosted)

  • Kekurangan sebenarnya tidak ada. Ya mungkin cuman perlu modal awal saja. Dan keamanan situs.

Kesimpulan


Setelah anda membaca semua tulisan diatas mungkin ada yang berpendapat beda dan mungkin ada yang belum cukup paham dari apa yang saya jelaskan. Saya mengakuinya karena saya juga merasa artikel ini kurang bagus bagi saya. Tapi disini saya ingin membantu para blogger pemula indonesia agar mendapatkan ilmu baru ataupun agar terbantu untuk memilih platform yang cocok. Sebenarnya memilih platform apa saya tidak masalah, asalkan anda harus mau belajar, niat, semangat dan jangan menyalahkan pertauran yang sudah ada saya jamin anda akan sukses. Jadi, pilihan ada di tangan anda. Di akhir artikel ini, saya akan memberikan screen shoot hasil bertanya saya di forum blogger. Berbagai pendapat muncul dan pastinya pendapat satu dengan yang lain berbeda beda. Dengan screen shoot ini mudah mudahan dapat membuka pemikirin anda biar bisa memilih platform blog mana yang ingin anda pilih.  Semoga dengan artikel ini anda bisa memilih platform yang benar dan semoga ilmu ini bermanfaat. Bagi pemula yang belum menyiapkan persiapan awal ketika ngeblog silahkan baca artikel berikut ini persiapan awal ngeblog
Perbedaan Wordpress dan Blogger

Perbedaan Wordpress dan Blogger

Perbedaan Wordpress dan Blogger

Perbedaan Wordpress dan Blogger
Perbedaan Wordpress dan Blogger

Perbedaan Wordpress dan Blogger

Perbedaan Wordpress dan Blogger
Previous Post
Next Post

post written by:

17 comments:

  1. ane si pengen pakai wordpress tapi kalo gratis kaga bisa ganti ganti template kaya blogger, jadi gimana ya belajar wordpress gan.. niatnya si ane nantinya pengen langsung ke wordpress yang berbayar jadi bisa kaya blogger gitu...

    ReplyDelete
  2. Oh ternyata itu perbedaanya terimakaih gan infonya

    ReplyDelete
  3. ane sih pinginnya makek wordpress.orgnya, tapi masih belum ada modal :v

    ReplyDelete
  4. Ohh gitu ya gan, tapi ane lebih suka wordpress gan,
    kelebihan WP : keliatan lebih profesioanl saja :)
    Kelebihan Blogger : gampang di utak atiknya,

    ReplyDelete
  5. Kalau menggunakan wordpress.org bisa di pasang adsense nggak?

    ReplyDelete
  6. menarik , jadi tau bedanya wordpress sama blog, apa lagi buat ane yang baru terjun ke dunia ini

    ReplyDelete
  7. Ane sih pengennya pake wordpress dari pada blogger, tapi nunggu duit ngumpul dulu :D

    ReplyDelete
  8. Saya bloger baru jadi blom terlalu paham dengan blog saya sekarang mengunakan blogger makasih mas infonya sebagai bloger baru saya memang perlu belajar banyak..

    ReplyDelete
  9. Kalo saya lebih milih blogspot gan, alasannya mudah diotak atik dan yang pasti gratis hihi

    ReplyDelete
  10. Kalo menggunakan wordpress memang terlihat lebih profesional gan.. Namun, untuk pemula menggunakan blogger sudah lebih dari cukup :D

    ReplyDelete
  11. Menurut saya lebih baik memakai blogger :D apalagi bagi pemula seperti saya, simple dan gampang dihafal halaman"nya hehe

    ReplyDelete
  12. Masa wordpress tidak bisa dipasang adsense gan? Tapi web temen saya gigapurbalingga.com bisa dipasang adsense tuh

    ReplyDelete
  13. ane pake blogger enakan blog gan fitur nya dikit tapi gk ribet, gak kaya wp harus update mulu

    ReplyDelete
  14. saya lebih senang ke blogger gan, karena lebih simple, hehe pernah pakai wordpress, namun hanya sebentar karena ribet menurut ku....kalau jomla agan pernah?

    salam blogger
    http://www.mediablog4you.web.id/

    ReplyDelete
  15. Jadi labil gan hehe, udah biasa pake blogger tapi pengen migrasi ke wordpress

    ReplyDelete
  16. Blogger cocok buat belajar, tapi wordpres lahir dan kerap menang dipersaingan SERP. Mangapa ? jelas banyak fitur-fitur keren yang ngak ada di Blogger. Saya sendiri masih belajar Wordpres self Host. Mulai dari On Page sampai tampilan lebih mudah dibandingkan dengan Blogger.

    ReplyDelete