Saturday, July 8, 2017

Cara Mudah Memasang Widget Di Blog

Memasang widget di blog.- Salah satu properti yang sangatlah penting di blog yaitu widget. Widget merupakan sebuah alat atau fitur yang di pasang pada web atau blog yang biasanya terbentuk dari beberapa kode. Widget biasanya berupa atau berbentuk gambar, flash, video, ataupun yang lainnya. Kita bisa mendapatkan berbagai macam widget yang sudah disediakan situs-situs di google. Biasanya berupa sebuah script (kode).

Setelah anda mendapatkan widget yang ingin anda gunakan anda tinggal memasang pada template blog anda.  Untuk memasang widget pada blogger ada berbagai cara yang bisa kita gunakan. Di artikel kali ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara menambahkan atau memasang widget di blog.

Bila anda belum mengerti cara memasang template di blog silahkan baca artikel di blog ini terlebih dahulu mengenai panduang lengkap cara mengganti template blog. Jika anda sudah mengerti cara memasang template, baru anda melanjutkan membaca artikel ini. Bila belum baca artikel yang saya rekomendasikan dulu. Karena sama sama penting, dan memasang widget merupakan langkah selanjutnya setelah anda memasang template.
cara mudah memasang atau menambahkan widget di blog
Cara Mudah Memasang Widget Di Blog


Menambah widget di blog

Mungkin bagi para pakar blogger atau yang sudah berpengalaman di blog untuk memasang widget sudahlah sangat paham. Tapi disini saya berniat membantu para blogger pemula yang mungkin belum mengerti cara memasang widget. Dulu saya awalnya juga tidak mengerti bagaimana caranya tapi akhirnya juga mengerti caranya.

Sebelum saya menjelaskan cara pemasangannya. Widget pada blogger sebenarnya ada dua jenis. Yaitu:
  • widget bawaan dari blogger
  • widget tambahan menggunakan script (kode)
Dari kedua jenis widget tersebut pemasangannya berbeda cara. Oleh sebab itu, saya disini akan memberi dua cara pemasangan widget. Pertama pemasangan widget bawaan dari blogger, kedua pemasangan widget tambahan menggunakan script (kode)

Memasang widget bawaan dari blogger

Mungkin ada yang belum tau widget bawaan dari blogger itu seperti apa. Ada berbagai macam widget yang sudah disediakan oleh pihak blogger, diantaranya = entri yang diunggulkan, penelusuran blog, profil. arsip blog, header halaman dan lain-lain.

Untuk widget yang akan menjadi contoh, saya menggunakan widget pengikut google+. Berikut tutorialnya :
  1. Buka blog anda
  2. Klik opsi tata letak
  3. Cari tulisan tambahkan gadget kemudian diklik
  4. Scroll kebawah dan cari widget pengikut google+
  5. kemudian klik tanda plus (+) warna biru
  6. Jika ingin diatur lebar dan tingginya silahkan klik tulisan tentukan secara manual dan masukan ukuran lebar tingginya widget dalam bilangan pixel
  7. Jika sudah maka klik simpan
  8. Selesai
Bila anda belum jelas silahkan lihat screenshot yang saya sediakan dibawah ini. Jika anda ingin menggunakan widget yang lain silahkan karna yang di atas hanya sebagai contoh. Anda bisa mencoba-coba menggunakan widget yang lainnya.
Cara Mudah Memasang Widget Di Blog
pemilihan penempatan widget
pemilihan widget
Cara Mudah Memasang Widget Di Blog
pengaturan widget

Memasang widget blogger dengan script (kode)

Selain kita bisa memasang widget dengan widget yang sudah disediakan blogger. Kita juga bisa memasang widget yang lainnya menggunakan script (kode). Yang akan saya contohkan kali ini yaitu dengan menggunakan sciript like box facebook. Langsung saja ikutin langkah-langkah berikut ini :

  1. Log in terlebih dahulu di blogger
  2. Klik opsi tata letak
  3. Cari tulisan tambahkan gadget kemudian diklik
  4. Cari tulisan HTML/JavaScript
  5. Klik icon plus (+) di sebelah kanan tulisan
  6. Kasih judul [Like Fandpage]
  7. Copy script yang sudah saya sediakan di bawah
  8. Paste di kolom konten
  9. Ganti Tulisan yang saya warnain biru menjadi fandpage anda
  10. Kemudian simpan
  11. Selesai

Contoh

<div id="fb-root"></div>
<script>(function(d, s, id) {
  var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0];
  if (d.getElementById(id)) return;
  js = d.createElement(s); js.id = id;
  js.src = "//connect.facebook.net/id_ID/sdk.js#xfbml=1&version=v2.8";
  fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);
}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));</script>
<div class="fb-page" data-href="https://www.facebook.com/indobloogger/" data-small-header="false" data-adapt-container-width="true" data-hide-cover="false" data-show-facepile="true"><blockquote cite="https://www.facebook.com/indobloogger/" class="fb-xfbml-parse-ignore"><a href="https://www.facebook.com/indobloogger/">Indoblogger</a></blockquote></div>
Bila kurang jelas anda bisa melihat screenshot yang saya sediakan dibawah ini. Script like fandpage facebook di atas hanya sebagai contoh saja. Anda dapat menggunakan script yang lain. Untuk mendapatkan script yang lain anda bisa mencarinya di google.
cara mudah memasang widget di blog
memilih widget dengan memasuk html/javascript
cara mudah memasang widget di blog
memasukan script
Untuk pemasangan widget yang menggunakan script, anda juga bisa memasang widget tersebut langsung di script templatenya. Tapi caranya sedikit rumit dan berisiko template mengalamai error atau lain sebagainya. Jika anda ingin mencoba memasang widget pada script templatenya langsung. Jangan lupa untuk membackup template terlebih dahulu.Untuk cara backup template anda bisa membaca artikel di blog ini mengenai cara backup template.


Kesimpulan

Memasang widget merupakan salah satu hal yang wajib dimengerti oleh setiap blogger. Mungkin hal ini hanya hal sepele tapi sangat beguna sekali. Dalam menambahkan widget sebaiknya kita melihat fungsi widget tersebut. Jika tidak terlalu penting sekali sebaiknya jangan dipasang. Contohnya blog-blog besar seperti blog nya mas sugeng hanya memasang widget yang sangat sedikit. Intinya lihat seberapa penting widget yang akan anda pasang diblog anda. 
Previous Post
Next Post

post written by:

12 comments:

  1. Artikel yang menarik gan sangat membantu untuk newbie seperti ane hehe terimakasih gan

    ReplyDelete
  2. Amankan Menambah Widget manual Untuk Adsense ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jelas aman.. asal ada batasan dan penempatan yang pas.. karna ada beberapa tempat yang tidak di sukai google.. silah kan cari info lebih lengkapnya di blog lain.. karna saya belum membuat artikelnya

      Delete
  3. lengkap banget tutorial, makasih suhu

    ReplyDelete
  4. wah pas banget lagi nyari tutor kaya gini, makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama gan.. terima kasih telah berkunjung

      Delete
  5. sangat membantu gan dalam pemsangan widget

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap gan... semoga aja dapat membantu para blogger pemula

      Delete
  6. Wah benar benar mantap artikel nya gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan terlah berkunjung di blog kami

      Delete