Thursday, May 18, 2017

Persiapan Awal Ketika Anda Ingin Ngeblog

Persiapan Awal Ngeblog.-Ngeblog akhir akhir ini menjadi kegiatan yang banyak dinikmati oleh masyarakat. Tetapi ada juga yang ngeblog untuk mencari uang. Selain mencari uang ada juga yang ngeblog gara gara tugas sekolah. Seperti saat ini, saya diberi tugas web untuk membuat halaman blog dengan platform wodprees. Setelah diberi tugas itu, teman teman saya langsung pada asik ngeblog. Jadi, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan apa yang perlu disiapkan ketika anda baru pertama kali ngeblog.

Saya berharap dengan adanya artikel ini, teman teman blogger indonesia terutama bagi pemula, paham apa yang harus disiapkan terlebih dahulu sebelum ngeblog. Orang yang baru pertama kali ngeblog mungkin masih banyak masalah yang harus dilewati. Tapi jangan khawatir, saya pertama kali ngeblog juga masih banyak masalah yang muncul. Saya juga sempat terjun bebas harus membuat blog lagi dari nol. Tapi saya yakin dari pengalaman itu saya bisa belajar banyak. 
Persiapan Awal Ketika Anda Ingin Ngeblog
Persiapan Awal Ketika Anda Ingin Ngeblog
Semua kegiatan yang ingin kita tekuni pasti membutuhkan yang namanya persiapan. Oleh karna itu, kegiatan ngeblog pastinya juga memiliki persiapan yang harus kita lakukan terlebih dahulu. Berikut beberapa persiapan yang harus anda lakukan terlebih dahulu:

Niat

Setiap kita melakukan suatu pekerjaan atau kegiatan pastinya kita memilih niat yang berbeda beda dari orang lain. Dari niat awal inilah kita akan mendapatkan hal yang bermanfaat atau sebaliknya. Maka, hal yang perlu di persiapkan ketika kita awal ngebog ya itu niat. Jika niat kita cuman sekedar buat tugas sekolah ya anda cuman mendapatkan nila tugas saja. Oleh karna itu pikirkan baik baik soal niat tersebut. Niat yang paling pas yaitu, kita ngeblog ingin memberikan manfaat kepada orang lain. Ketika kita sudah memberikan manfaat kepada orang lain, maka hal yang lain akan kita dapatkan juga. Semua pilihan ada di tangan anda.

Tujuan

Poin selanjutnya yaitu tujuan. Ngeblog tanpa tujuan seperti hal nya kita sedang berjalan tapi tidak tau mau kemana. Tentukan tujuan ngeblog anda dari awal. Anda pasti tau mana yang baik dan yang buruk dari sebuah tujuan. Maka pilihlah tujuan yang baik. Hal yang baik pasti akan mendatangkan hal yang baik juga kepada kita. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel ini "Tentukan tujuan ngeblog anda terlebih dahulu sebelum anda memulai ngeblog"

Topik

Setelah anda berhasil merenungkan tentang niat dan tujuan ngeblog anda. Tugas anda belum sampai situ. Tugas selanjutnya yaitu anda harus memilih topik pembahasan di blog anda. Blog yang baik yaitu blog yang membahas satu topik hingga memperdalamnya. Jika anda kesusahan dalam menentukan topik blog, silahkan baca artikel ini "cara jitu memilih topik blog untuk pemula"

Judul

Setelah anda menentukan topik apa yang ingin anda bahas di blog anda. Yang perlu disiapkan selanjutnya yaitu judul blog. Judul blog merupakan salah satu ciri khas blog kita yang bisa jadi dibilang paling utama. Karena dengan judul blog inilah para pengunjung mungkin bisa kembali lagi ke blog kita dengan mudah. Untuk cara menentukan judul blog yang tepat silahkan baca artikel ini "menentukan judul blog yang tepat" 

Memilih platform

Tentunya setelah mempersiapkan semua hal di atas, anda juga harus memilih ingin menggunakan platform blogger atau wordprees. Semua kembali ke diri anda sendiri. Anda ingin memilih wordprees silahkan atau memilih blogger silahkan. Agar anda tidak pusing memilih platform yang cocok buat anda. Silahkan baca terlebih dahulu artikel di blog ini mengenai perbedaan wordpress dan blogger.

Alat

Alat untuk ngeblog pastinya sangatlah penting. Tanpa adanya alat anda tidak akan bisa ngeblog. Jadi, periapkan alat yang ingin anda gunakan ketika ngeblog. Bisa dari smartphone atau laptop atau bisa juga komputer. Semua itu tergantung kesenangan anda. Tapi, jangan bersedih yang tidak memiliki alat yang memadai. Jika anda sudah memiliki niat dan tekad yang besar. Pasti ada jalannya. Jika tidak mempunyai alat pribadi. Anda bisa meminjam teman atau ke warnet untuk ngeblog. Memang semua butuh pengorbanan. Sisihkan uang jajan kalian untuk bermain di warnet. Tapi bukan bermain game melainkan ngeblog. Ketika saya awal ngeblog, kendala saya terletak pada koneksi internet. Tapi akhirnya sekarang kendala tersebut sudah terlewatkan. Saya juga pernah ngeblog lewat smartphone. Silahkan baca artikel pengalaman ngeblog via smartphone di blog ini.

Template

Template merupakan salah satu hal yang harus kita siapkan dari awal. Karena template juga sangatlah penting bagi blog. Untuk penguna blogspot bisa mendapatkan template dengan gratis dan tentunya kualitasnya tidak kalah sama yang berbayar. Tetapi juga bisa mendapatkan template yang berbayar. Untuk pengguna wordprees. Anda bisa mendapatkan template berbayar dan juga tidak berbayar alias gratis. Tetapi untuk pengguna wordprees ada baiknya menggunakan template yang berbayar. Seberapa pentingkah template blog. Silahkan baca artikel berikut ini jika ingin mempelajari lebih dalam lagi. "Pentingnya memilih template blog yang tepat"

Kesimpulan

Dari semua poin poin di atas sebenarnya itu hanya sebagian dari persiapan yang harus anda siapkan. Jadi intinya masih ada beberapa persiapan yang harus anda siapkan. Tapi jika anda sudah melakukan semua poin poin di atas dengan benar. Saya jamin 80% anda sudah bisa memulai ngeblog. Untuk masalah masalah yang akan datang kedepannya anda harus mencari solusinya. Banyak sekali blog blog yang sudah menerangkan dengan detail dari berbagai masalah tersebut.

Jangan senang dulu, perjalanan anda masih panjang. Tidak hanya ini saya yang harus anda perhatikan. Masih banyak hal yang harus anda perhatikan juga. Dipikir sambil jalan dan heppy. Nikmatilah setiap proses anda berkembang. Proses itulah yang nantinya menjadi kenangan ketika anda sudah sukses nanti. Selamat berjuang dan jangan pantang menyerah. Jika anda ingin shareing silahkan berkomentarlah di kolom yang sudah saya sediakan.
Previous Post
Next Post

post written by:

1 comment:

  1. Wah ada bnyak jga yg kudu disiapkan. Niat aja ga ckup ya

    ReplyDelete