Sunday, April 30, 2017

Pentingnya Memilih Template Blog Yang Tepat

Memilih Template Blog.- Memilih template yang tepat dan benar adalah salah satu tujuan yang baik ketika mengoptimasi blog anda. Template yang tepat merupakan salah satu faktor pengunjung akan bermanja ria di blog kita. Sebelum anda memulai membuat artikel di blog baru anda, pasti anda akan memilih template yang cocok terlebih dahulu.

Penyakit atau masalah yang di alami blogger indonesia salah satunya yaitu ketika ingin memilih template yang cocok. Untuk memilih sebuah template yang pas atau cocok untuk blog kita tidak semudah yang dibayangkan. Biasanya dalam memilih template banyak orang yang labil ingin memilih template yang mana. Saya pribadi untuk template blog ini sudah saya ganti berkali-kali sampai template terakhir yang saya pakai ini.

Seperti hal nya rumah. Dalam pembuatan rumah pastinya memilih template/tampilan yang semenarik mungkin dan pastinya jika terkendala oleh dana pasti memilih template yang murah meriah. Untuk dunia blog anda bisa ibaratkan seperti itu juga. Blog ibaratkan sebuah rumah yang harus ada tampilan semenarik mungkin. Untuk template itu sendiri banyak yang menyediakan di internet. Pastinya ada yang gratis dan ada yang tidak gratis.
Pentingnya memilih template blog yang tepat
Pentingnya memilih template blog yang tepat
Sebelum anda memilih template blog, sebaik nya anda mencari template blog yang sesuai dengan topik blog anda. Coba anda buktikan sendiri, anda cari blog terkenal di google. Pasti blog blog terkenal templatenya menyesuaikan topik yang dibahas di blog tersebut. Tidak mungkin membuat blog tentang cerpen tapi templatenya tentang fotografer. Maka dari itu sebaiknya anda memilih template blog sesuai dengan topik yang anda bahas di blog anda. Jika anda belum mengetahui ingin membahas apa di blog. Silahkan baca artiekl di blog ini mengenai cara jitu memilih topik blog untuk pemula.

Memilih template blog yang tepat sangatlah penting. Ada banyak manfaat yang dapat kira rasakan ketika kita memilih template blog yang tepat terutama sebagai berikut :
  • Pengunjung blog semakin banyak
  • Mudah di optimasi
  • Enak di pandang
  • Tidak membuat bosan pembaca
Untuk mendapatkan tempalate blog yang tepat kita bisa mencari di google atau membeli di jasa template. Tetapi sebelum anda memlilih atau membeli template. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika memilih template blog yang tepat dan cocok buat blog kita. Berikut beberapa penjelasannya yang harus di perhatikan ketika memilih template :

Menyesuaikan keadaan

Awal memilih template blog yang tepat yaitu menyesuaikan keadaan. Sesuai yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Memilih template yang menyesuaikun tema atau topik pembahasan yang kita bahas di blog. Jika tidak maka akan terasa aneh. Seperti hal nya barang di letakan di tempat yang tidak sesuai tempatnya.

Berlian yang harganya bukan main mahalnya pasti akan diletakan di wadah yang sesuai dengan keadaan. Seperti halnya blog kita. Kita harus menaruh blog kita di wadah (template)  yang tepat, cocok, dan bagus. 

Responsive

Template yang responsive merupakan salah satu faktor yang harus di perhatikan ketika memilih template blog. Mungkin ada yang belom mengerti mengenai template responsive. Saya akan menjelaskan singkat saja, untuk lebih jelasnya lain waktu akan saya buat artikelnya. 

Template responsive yaitu template yang dapat menyesuaikan ukuran layar. Contohnya template yang saya gunakan saat ini. Jika anda membuka blog saya dengan menggunakan smartphone, pasti ukuran template ini akan menyesuaikan keadaan. Kalau ingin membutikannya silahkan anda membuka blog ini di perangkat yang berbeda. Satu menggunakan smartphone satunya menggunakan komputer/laptop. Pasti anda akan melihat perbedaannya atau bisa anda lihat di gambar artikel ini. Seperti itulah responsive template blog yang saya maksud. Untuk  tes template anda responsive atau tidak silahkan mengunjungi situs berikut ini www.responsinator.com.

Fast load

Fast load atau bisa dibilang blog yang ringan ketika di akses. Jika blog kita ringan diakses berarti blog kita ringan dikuota juga. Jadi ketika ada orang yang mengakses blog kita, orang tersebut tidak harus menunggu lama untuk melihat full tampilan blog anda. Sebaliknya juga, jika blog anda berat di akses maka data yang digunakan juga pastinya banyak, dan kebanyakan orang kalau mengakses suatu situs yang berat di akses maka orang tersebut biasanya langsung pindah ke situs yang lain. Untuk tes kecepatan blog anda ada banyak situs yang menyediakan. Salah satunya situs resmi dari google. Silahkan kunjungi situs berikut jika anda ingin tes kecepatan blog anda https://developers.google.com

Simpel

Mungkin ada sebagian blog yang tampilan blog nya tidak simpel atau bisa dibilang banyak widget yang sebenarnya nggak ada manfaatnya. Saran saya jika anda ingin memilih template blog, milih lah yang simpel simpel aja. Jangan memilih yang ribet tampilanya. Template yang simpel juga mempengaruhi kecepatan blog anda. Untuk contoh blog yang templatenya simpel silahkan kunjungi blog teman saya yang di buat sendiri dengan tampilan yang sederhana Amateur Blogdesign

Enak di pandang

Blog yang enak di pandang mata pasti templatenya bagus dan sesuai bagi pengunjung. Ibaratkan rumah yang rapi bersih dan tidak berantakan pastinya enak dipandang. Mungkin untuk poin ini tidak beda jauh dengan poin sebelumnya. Jadi intinya memilih template jangan yang aneh aneh dan ketika sudah mendapatkan pilihan, jangan dipasang widget widget yang terlalu berlebihan. Dulu awal saya ngeblog saya juga gitu, dapet template terus saya aneh aneh tampilannya. Untuk pengalaman saja. Jadi biar kedepannya tidak ada yang seperti saya.

Kesimpulan

Memilih template blog yang tepat tidak semudah yang anda bayangkan. Perlu beberapa hari untuk memilih template yang tepat. Beda masalah jika anda membeli template dari jasa penjual template. Intinya dengan penjabran beberapa poin di atas semoga bisa membantu anda dalam memilih template yang cocok untuk blog anda.

Jika ada yang memilik pendapat atau opini lainnya. Silahkan komentar dikolom yang sudah saya sediakan. Atau jika ada kritik dan saran silahkan menuju laman kontak agar kritik dan saran anda akan saya perimbangkan.
Previous Post
Next Post

post written by:

30 comments:

  1. Tips yang sangat membantu bagi orang yang ingin memulai bermain di dunia blogging, khususnya yang masih belum memilih template yang tepat uat halaman blogspot nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups... artikel yang lagi saya buat saya prioritaskan untuk para blogger pemula mas..

      Delete
  2. Tapi banyak yang blogger yang tidak pernah puas sehingga sering ganti ganti template sehingga mengakibatkan visitor blog juga terus menurun

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah penyakit seorang blogger yang harus di selesaiin..terutama untuk blogger pemula biasanya

      Delete
  3. mantep gan..
    lanjut terus gan, smoga berkah ilmunya

    ReplyDelete
  4. wah semakin paham gan biar saya tidak kudet dalam dunia blogger, lain kali ajari dong supaya site map, privacy policy, dll biar bisa ke atas gitu gimana ya ? hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. alahamdulillah kalau semakin paham.... kalau untuk page menu paling atas itu bawaan dari template nya mas.. emang bisa di pasang di template lain, tapi harus ngerti bahasa web.. dan ane belum terlalu paham tentang bahasa web

      Delete
  5. ane sih mentingin yg sederhana...

    ReplyDelete
  6. mantap artikelnya singkat padat dan jelas gan....

    ReplyDelete
  7. Pengen templatenya agan ni.. bagi donk..

    ReplyDelete
  8. bener tuh, kadang kalo pake template abal2 ada yg kurang rasanya

    ReplyDelete
  9. Bener banget semuanya maz.. Apalagi penjelasannya disertai link perujuk.. Mantapp dahh...
    Sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih mas... ya biar ngebantu blogger yang lain

      Delete
  10. mantap artikelnya.. cocok buat saya yang blogger pemula nih mau pilih template yang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupss...silahkan di pertimbangkan mas kalau mau pilih template ..dari pada nyesel entar

      Delete
  11. Saya rasa sebuah template memang sangat penting, apalagi jika anda memang ingin serius dalam bloging. Seringkali yang terjadi adalah blogger hanya memilih karena tertarik atau kelihatan menarik, tetapi tidak sesuai dengan niche/temanya. Bahkan ketika sudah milih yang sesuai tema, tetapi malah kurang responsif dan cepat, cukup dilematis. Harus dipilah secara benar dan hati-hati. terima kasih infonya,sangat membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe bener banget mas.. emang salah satu penyakit blogger ketika memilih template. makasih mas udah memberi opini ^_^

      Delete
  12. Wahh ternyata ada pentingnya juga ya :D , nice artikel gan , tetap udate ya ;) ditunggu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mas hehe ... tiap hari mudah mudahan bisa update... di tunggu aja

      Delete
  13. Ini templatenya fast bgt sueerr

    ReplyDelete
  14. Perlu di terapkan di tamplate ane nih

    ReplyDelete
  15. saya lebih suka sama template yang simple gan soal nya masih pemula

    ReplyDelete