Sunday, April 23, 2017

Menentukan Judul Blog Yang Tepat

Menentukan Judul Blog.- Tahun demi tahun terlewati. Kini semakin banyak masyarakat yang mulai mengetahui dunia blog. Semenjak itulah muncul berbagai macam judul blog yang bersebaran di dunia maya. Maka efek yang timbul yaitu kita akan kesusahan dalam menentukan judul blog yang tepat untuk blog kita. Menentukan judul blog juga tidaklah mudah yang dibayangkan. Banyak yang diluar sana yang membahas mengenai topik yang satu ini.


Saya pribadi merasakan susahnya menentukan judul blog yang tepat. Ketika saya ingin membuat blog baru, kadang saya memerlukan sekitar satu minggu untuk menentukan judul blog yang tepat. Tapi kadang-kadang tidak sengaja muncul ide sendiri ketika beraktifitas. Jadi saat-saat itu lah momen yang mengembirakan. Maka dari itu, tidak semudah yang dibayangkan untuk menentukan judul blog yang tepat.


Ketika kita membuat judul blog yang tepat, kemungkinan besar pengunjung kita setelah beranjak dari blog  akan tetap mengingat judul blog kita dengan sekali lihat judul blog kita. Ada banyak faktor-faktor yang menyebabkan pengunjung blog dapat dengan mudah mengingat judul blog kita. Beberapa faktor yang menyebabkan pengunjung dapat mudah mengingat judul blog akan saya bahas di dalam artikel ini.
Menentukan Judul Blog Yang Tepat
Menentukan Judul Blog Yang Tepat
Sebelum saya membahas mengenai cara menentukan judul blog yang tepat. Jika anda belom membaca artikel sebelumnya yang mengenai cara jitu memilih topik blog untuk pemula. Silahkan anda baca terlebih dahulu. Dengan sangat saya menyarankan anda membaca artikel tersebut terlebih dahulu. Karena artikel ini akan ada sangkut paut dengan artikel tersebut. Terlebih untuk para blogger pemula. Karena blog ini dibuat untuk membantu para blogger pemula dan sekalian untuk saya pelajari juga.

Mungkin ada yang senasib dengan saya, yang biasanya susah dalam menentukan judul blog. Pada saat ini saya akan shareing cara menentukan judul blog yang tepat serta beberapa faktor yang menyebabkan pengunjung dapat mudah mengingat judul blog kita. Berikut penjabarannya:

1. Buat judul blog sesuai dengan topik blog

Untuk mencari judul blog yang tepat salah satunya yaitu dengan cara menyangkut-pautin dengan topik blog kita. Ini merupakan cara yang paling umum dan menurut saya juga yang paling tepat. Blog saya membahas seputar dunia blog, kemudian saya beri judul blognya dengan judul Indoblooger. Bisa dilihat saja judul blog dengan topik blog saya bersangkut-pautan. Untuk contoh yang lain, blog teman saya dengan judul Amateur Blog Design. Blog teman saya juga membahas topik blog dan judulnya juga ada tentang blognya. Beda hal nya dengan blog yang topik nya gado-gado. 

Yang tidak mengerti topik gado-gado silahkan baca artikel yang saya rekomendasikan di atas tadi. Itulah sangkut paut artikel ini dengan artikel tersebut. Jika tidak mau atau sudah mengerti silahkan lanjutkan baca artikel ini.

Untuk poin ini sifatnya bebas. Judul blog tidak sesuai artikel juga tidak masalah. Banyak blog-blog di luar sana yang judul blog nya tidak sesuai dengan topiknya. Jadi, jika ingin tidak sesuai dengan topik boleh-boleh saja dan tidak ada larangan dari pihak google atau pihak lain.

2. Buat judul blog yang mudah dihafal

Agar blog kita mudah diingat pastinya kita harus menentukan judul blog yang mudah dihafal. Kalau bisa sekali baca langsung pada hafal. Untuk mencari judul blog yang mudah diingat pastinya tidak semudah yang dibayangkan. Apa lagi sudah banyak blog bertebaran di dunia maya. Saya sebenarnya ingin menamakan judul blog saya indoblogger, tapi sudah ada yang menggunakan yaudah saya tambahkan saja huruf (O), jadi lah indobloogger. Salah satu syarat menurut saya jika ingin membuat judul blog yang mudah dihafal yaitu:

- Jangan lebih dari 2 kata

Membuat judul blog lebih dari 2 kata menurut saya tidaklah cocok. Coba anda bayangkan sendiri atau anda buktikan sendiri. Lebih gampang mana menghafal judul blog yang 2 kata kurang atau 2 kata lebih. kalau mau lebih baik lagi buat judul blog dengan satu kata saja. Selain lebih gampang di hafal. Jika kita membuat judul blog tidak lebih dari 2 kata, maka URL blog kita tidak terlalu panjang.

- Judul yang unik

Judul yang unik biasanya lebih mudah di hafal. Walaupun judul dengan topik tidak sama tapi tidaklah masalah. Teman saya membuat blog dengan judul sayapkomodo, nafaskuda dan lain-lain. Intinya semakin unik semakin mudah di hafal. Perlu di perhatikan, jika unik tapi lebih dari dua kata sama saja gagal menentukan judul blog yang tepat. Yang saya maksud unik dan maksimal dua kata tidak boleh lebih. Ini hukum KB blog hehe, 2 kata lebih baik. Untuk poin ini sifatnya tidak wajib. Boleh judul blog anda unik atau tidak. Intinya jika ingin mudah di ingat sebaiknya judul blog anda unik. Tapi menemukan judul blog unik itu tidak semudah yang dibayangkan.

- Judul mudah dibaca dan diucapkan

Judul udah 2 kata, terus judulnya udah unik, tapi susah dibaca dan diucapkan. Sama aja kayak makan sayur kuah tanpa kuah. Poin ini termaksud poin yang penting juga. Selain dua poin di atas. Poin ini juga sangatlah penting. Anda mau buat judul blog unik banget, kemudian satu kata, tapi susah banget di baca dan di ucapkan sama aja. Maka dari itu judul blog juga harus mudah dibaca atau diucapkan.

3. Jangan menggunakan angka

Ketika anda ingin menentukan judul blog yang tepat untuk blog anda, sebaiknya jangan menggunakan angka. Dulu ketika saya awal ngeblog, saya juga menggunakan angka di judul blog saya. Alhasil judul blog tersebut susah di ingat. Alasan saya menggunakan angka karena judul blog yang tidak menggunakan angka sudah ada yang menggunakan. Jadi tinggal saya tambahkan angka dibelakangnnya dan bisa saya gunakan. Tapi itu pemikiran saya dulu. Tapi tidak ada masalah juga jika ingin menggunakan angka. Ada juga blog yang menggunakan angka tapi juga sukses. Itu semua tinggal kembali bagaimana anda mengelola blog anda.

Kesimpulan

Mungkin menentukan judul blog itu tidaklah mudah. Tapi, nanti pada waktunya anda akan menemukan judul blog yang tepat sekali. Semua akan indah pada waktunya. Tinggal balik kepada anda sendiri. Jika anda sungguh-sungguh untuk menentukan judul blog yang tepat, maka pada waktunya anda akan menemukannya. Setelah anda menemukan judul yang tepat. Perjuangan anda tidaklah hanya sampai disitu. Itu masih awalan, jadi janganlah terlalu senang terlebih dahulu. Semoga artikel ini dapat membantu anda dalam menentukan judul blog yang tepat. Terutama bagi pemula yang belum lama ngeblog. 

Jika anda memiliki tips atau trik dalam menentukan judul blog yang tepat. Silahkan komentar di kolom yang sudah saya sediakan. Terima kasih...

Previous Post
Next Post

post written by:

4 comments:

  1. Waah keren nih artikel lengkap

    ReplyDelete
  2. Sebaiknya blog itu terdiri dari satu topik saja jangan sampai campur aduk dan isi artikelnya semua harus sesuai dengan judul blog . Itu menurut saya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupss...biar kedepannya nggak bingung. tapi nggak ada salahnya kok mas mau campur aduk. asal kan jangan melanggar tos google ^_^

      Delete