Sunday, August 6, 2017

Peran Media Sosial Bagi Masyarakat Dan Kehidupan

Peran media sosial bagi masyarakat - Perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih dan seluruh jagat raya ini telah merasakan perubahannya. Salah satu perkembangan saat ini ialah banyak bermunculan yaitu situs sosial media yang sering kita sebut sosmed. Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai peran media sosial bagi masyarakat dan kehidupan manusia. Selama ini kebanyakan orang hanya menggunakan sosial media saja tanpa tahu peran sosial media ini.

Ada beberapa dampak positif dan negatif media sosial namun pada artikel ini saya hanya akan menjelaskan dampak positifnya saja untuk dampak negatifnya kain bisa tunggu update terbaru dari blog ini. Banyak jenis jenis sosial media yang populer baru-baru ini seperti facebook, twitter, youtube, instagra, BBM dan google+ namun jangan sangka hanya itu saja, masih banyak lagi sosial media yang tujuannya sama dengan sosial media di atas.

Apabila kita melihat dari pandangan orang tua, orang tua akan menganggap soasial media ini adalah hal pembodohan namun hal ini tidak di benarkan sebab tujuan sosial media ini adalah memberikan informasi seseorang ke muka umum. Ada pun peran media sosial yang memiliki peran penting yang sangat kuat di lingkungan masyarakat saat ini yaitu:
Peran Media Sosial Bagi Masyarakat Dan Kehidupan
Peran Media Sosial Bagi Masyarakat Dan Kehidupan

Peran Media Sosial Bagi Masyarakat


1. Menjadi komunikasi online

Sosial media atau jejaring sosial adalah salah satu cara alternatif untuk saling menghubungi kerabat atau keluarga yang tempat tinggalnya jauh. Sosial media biasanya dilengkapi fitur chating yang akan memudahkan para pengguna untuk berkomunikasi dengan orang lain secara jarak jauh. Dulu sosial media ini hanya di lengkapi fitur chating seperti sms saja namun saat ini banyak sosial media yang mendukung video call yang akan membuat para pengguna lebih nyaman dan puas berhubungan.

2. Menambah teman dan komunitas

Salah satu manfaat media sosial media ini adalah menambah teman dan komunitas di internet. Dengan sosial media kita akan mendapatkan banyak teman dari berbagai daerah tanpa perlu kita berjumpa. Dengan kita bergabung dengan komunitas di sosial media maka silahturahmi sesama manusia akan mudah terjalin.

3. Mencari informasi atau berita terbaru

Ada beberapa akun di sosial media yang dibuat hanya untuk menyebarkan informasi atau berita keseluruh pengguna sosial media. Pada akun tersebut biasanya akan membuat status berita tentang politik, pristiwa, ilmu pengetahuan, nformasi dan lain lainnya. Namun kadang kala informasi yang di berikan tidak akurat bahkan ada yang hoax.

Baca juga : Minecraft bukan sekedar game seperti biasanya


4. Tempat untuk curhat pirbadi

Apabila kalian mengalami memiliki masalah atau kalian sedang berbahagia, sosial media bisa menjadi salah satu tempat untuk curhat kalian. Di sosial media ada fitur yaitu status, di fitur status itu kita bisa mengapresiasikan perasaan diri kalian yang nanti akan di baca oleh semua teman kalian di sosial media.

5. Mendapatkan hiburan

Apabila kalian sedang stres, sedih, jenuh kita bisa obati dengan cara membaca baca infromasi tang terdapat pada sosial media. Sosial media ini juga bermanfaat untuk mengisi waktu kosong kalian dengan hal yang positif. Mengakses sosial media pada bulan puasa juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan waktu adzan magrib akan terasa lebih cepat.

6. Untuk promosi barang

Promosi dalam media sosial ini sangat ampuh dalam mendatangkan pembeli, sebab sebagian besar penduduk di indonesia ini banyak mengakses sosial media. Banyak pembisnis yang suskes karena memanfaatkan sosial media ini sebagai tempat promosi barangya. Barang yang di promosikan di sosial media ini lebih laku di bandingkan yang di jual di pasaran.


7. Tempat untuk sharing dan berbagi

Sosial media juga dapat di jadikan tempat untuk saling sharing dan berbagi informasi kepada orang lain. Dengan kita membagikan informasi tersebut maka di harapkan banyak orang yang mengetahui dan merasa informasi kira bermanfaat bagi mereka. Misalnya kalian sedang baca-baca artikel dan artikel tersebut terasa bermanfaat bagi semua orang, maka kemungkinan kalian akan membagikan infromasi tersebut ke teman sosial media kalian.

8. Mencari jodoh

Ternyata banyak sekali pasangan yang awalnya bertemu di sosial media dan sekarang menjadi pasangan yang romantis. Memang awal dari hubungan di awali dengan pertemuan, perteman dan akhirnya menjadi pasangan. Namun kalian perlu hati-hati mencari pasangan di sosial media, sebab sekarang banyak sekali modus penipuan dengan model pencarian jodoh.

9. Mengaploud momen spesial

Sosial media dapat menjadi tempat kalian untuk membagikan momen sepesial kalain dengan kerabat, keluarga atau pasangan kalian. Di sosial media biasanya terdapat fitur aploud foto dan video yang akan memudahkan kalian untuk mengaploud momen spesial kalian.

10. Mengikuti artis idola

Bagi para artis media sosial ini adalah sarana yang paling mudah untuk mendatangkan followers dan fans mereka. Begitu juga untuk para fans akan lebih mudah menemukan artis idola kesukaan mereka.

11. Tempat untuk mempopulerkan diri

Media sosial bisa kita manfaatkan untuk tempat mempopulerkan diri kita ke publik, baik yang disengaja maupun yang tidak di sengaja. Biasanya orang yang mempopulerkan diri merka memiliki keunikan, hal yang menabjubkan, wajah yang rupawan dan masih banyak lagi. Orang yang mempopulerkan diri di sosial media tidak selamanya mendapatkan pujian biasanya orang tersebut juga akan mendapatkan kecaman dari orang yang membencinya.


12. Tempat menggerakan masyarakat

Masalah-masalah seperti politik, pemerintahan, suku, dan agama, merupakan masalah serius yang bisa mengundang banyak tanggapan dan tindakan. Salah satu upaya untuk menanggapi maslaah-masalah seperti itu biasanya dilakukan melalui akun media sosial, tanggapan yang berupa kritikan, celaan, dan pembelaan.

Itulah ulasan mengenai peran media sosial bagi masyarakat dan kehidupan, 12 hal tersebut harus kita perhatikan agar kita tidak terus menganggap sosial media ini hal yang buruk. Sekian dari saya mungkin ada yang ingin kalian pertanyakan silahkan komen di bawah ini.

Baca juga : Jangan asal download aplikasi
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: