Sunday, August 6, 2017

Definisi Sehat dan Cara Hidup Sehat

Definisi Sehat dan Cara Hidup Sehat.-Semua orang menginginkan kehidupan yang ‘sehat’. Namun, kebanyakan orang tidak mengetahui definisi sehat yang sebenarnya. Orang-orang diluar sana sering beranggapan bahwa ‘sehat’ itu apabila tubuh merasa segar dan tidak mengalami kelainan. Sehat, apabila semua anggota tubuh berjalan normal.
Definisi Sehat dan Cara Hidup Sehat
Definisi Sehat dan Cara Hidup Sehat
Apakah kalian tahu? Bahwa definisi sehat yang sesungguhnya tidaklah seperti itu? menurut organisasi kesehatan dunia (WHO) “sehat adalah suatu kondisi yang terbebas dari segala jenis penyakit, baik fisik, mental, social dan ekonomi”
Perwujudan dari aspek aspek tersebut dapat kita lihat sebagai berikut :

Kesehatan fisik

Kesehatan fisik terjadi apabila kita merasa kalau tubuh kita sedang dalam keadaan baik-baik saja. Tidak ada cacat, tidak ada penyakit, merasa segar dan bugar.

Kesehatan mental.

Kesehatan mental memiliki tiga komponen dasar yaitu ;

1)Pikiran sehat, ditandai dengan kestabilan perilaku dan jalan pikiran.

2)Emosional sehat, ditandai dengan kemampuan seseorang dalam mengekspresikan emosinya seperti, rasa gembira;rasa takut;rasa sedih;dan rasa kesal atau marah.

3)Spiritual sehat, di lihat dari cara seseorang mengekspresikan kepercayaannya, ibadah, dan semua yang berhubungan dengan agamanya.

Kesehatan sosial

Kesehatan sosial terjadi apabila kalian telah mampu bergaul ataupun berkomunikasi dengan orang-orang di sekeliling anda dengan baik dan normal tanpa hambatan dan kesalahpahaman.

Kesehatan ekonomi

Kesehatan terjadi apabila kamu sebagai orang dewasa yang sudah mampu bekerja dan membiayai diri sendiri dan orang lain. Keadaan ini disebut sebagai kesehatan ekonomi.

Baca juga : Penyebab gigi berlubang 

So, jangan mengaku sehat bila aspek-aspek di atas belum terpenuhi. Banyak orang yang mengaku sehat, tetapi hanya sehat dalam aspek fisik saja, padahal sehat secara harfiah adalah sehat secara fisik, mental, social, dan ekonomi.

Cara hidup sehat

Buat kalian yang ingin hidup sehat, ada banyak cara agar kita bisa mendapatkannya, antara lain:

Sehat Dalam Aspek Fisik

Sehat secara fisik, dapat kalian dapatkan apabila anda rajin berolah raga. Bukan hanya olah raga, tetapi harus juga dibarengi dengan makanan yang bergizi, makanan yang penuh karbohidrat, protein, lemat, serta serat yang berguna bagi tubuh. Selalu menjaga pola makan. Selain itu istirahat yang cukup juga dapat mempengaruh kesehatan fisik. Apabila anda terlalu memaksakan suatu kegiatan, lalu anda tidak mempedulikan kesehatan kalian, maka kondisi kalian akan melemah atau kalian akan mengalami keadaan yang dinamakan ‘sakit’.


Sehat Dalam Aspek Mental

Sehat secara mental ialah sehat akal fikiran dan perilaku. Anda dapat dikatakan sehat secara mental apabila sikap dan fikiran anda normal. Untuk memperoleh fikiran maupun sikap anda hanya perlu menjaga komunikasi antar sesame manusia, baik itu di lingkungan rumah, sekolah, maupun di lingkungan kerja. Menjaga komunikasi yang baik antar sesama dapat meningkatkan kestabilan mental. Anda juga harus memiliki paling tidak satu orang yang anda percayai untuk dapat anda ajak bercerita mengenai segala hal. Karena pada dasarnya kita sebagai manusia, tidak akan luput dari berbagai masalah, dan jika masalah itu dipendam sendiri, maka akan menimbulkan dampak negative bagi kesehatan mental kita. Usahakan agar anda para readers dapat menjalin komunikasi yang baik agar tidak menimbulkan masalah yang dapat mengganggu fikiran anda.

Sehat Dalam Aspek Sosial

Sehat secara social artinya anda tidak memiliki masalah ataupun gangguan dengan lingkungan sekitar anda. Sehat secara social ini sangat berkaitan dengan sehat secara mental. Karena, sehat mental tidak dapat terwujud apabila anda tidak sehat dalam sosialisasi(komunikasi). Komunikasi yang baik merupakan bagian dari sehat social. Hindari sifat menyendiri, ikut serta dalam berbagai kegiatan, aktif di lingkungan sekitar, tidak menjadi orang yang ‘anti-sosial’. Hal-hal tersebut dapat anda lakukan jika ingin mendapatkan sehat secara social.

Sehat Dalam Aspek Ekonomi

Sehat secara ekonomi adalah kemampuan kita dalam mengelola ekonomii sendiri. Ini dapat terwujud apabla anda konsisten terhadap  diri anda sendiri untuk mendpatkan peghasilan. Anda harus memikirkan kedepan apa yang akan kalian lakukan agar kalian dapat bertahan hidup. Untuk menyambung hidup anda hanya memerlukan pekerjaan yang menghasilkan ‘uang’. Jika anda telah bepenghasilan dan sanggup untuk memenuhi kebutuhan anda, maka anda sudah  bisa dikatakan sehat secara ekonomi.

Baca juga : Penyebab jerawat dan cara mengatasi kulit berjerawat

Jadi, buat kalian para readers, sehatkan diri anda mulai dari saat ini, penuhi aspek aspek kesehatan agar anda mendapatkan kesehatan yang maksimal. Jangan ragu untuk merubah kebiasaan anda yang buruk, agar anda mendapatkan hidup yang sehat. jika anda tidak memulainya dari sekarang? Kapan lagi.

Semua tergantung pada pilihan anda. ^_^
Previous Post
Next Post

post written by:

1 comment:

  1. Waduh kalau sehat dalam fisik jarang gua mah, jadi gimana dan apa akibatnya kalau jarang berolahraga ?

    ReplyDelete