Sunday, August 6, 2017

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan Diri

Bahaya Merokok Untuk Kesehatan Diri.-Kebanyakan orang sudah menganggap, merokok ialah hal yang lumrah, bahkan di kalangan remaja ‘rokok’ sudah tidak asing lagi. Bagi para remaja, merokok membuat mereka terlihat keren, ‘katanya’. Tidak hanya laki-laki, perempuan pun banyak yang mengonsumsi benda berbahaya ini. Padahal sebenarnya kegiatan ‘merokok’ ini, sangat sangat merugikan dan membahayakan tubuh sendiri.
Bahaya Merokok Untuk Kesehatan Diri
Bahaya Merokok Untuk Kesehatan Diri
Ada beberapa akibat yang di timbulkan dari merokok, antara lain :

1. Pemicu Terjadinya Penyakit Jantung


     Rokok mengandung banyak zat/bahan-bahan berbahaya salah satunya NIKOTIN. Zat nikotinyang masuk ke dalam tubuh, dapat beresiko mengurangi kadar oksigen yang masuk ke darah. Nikotin ini jugalah yang menyebabkan kecanduan merokok. Zat ini dapat membuat peningkatan detak jantung, menaikkan tekanan darah serta dapat merusak pembuluh darah dalam jantung. Akibatnya, jantung lebih cepat mengalami pembekuan darah yang bisa memicu serangan jantung.

2. Meningkatkan Resiko Terkena Penyakit Stroke


    Para perokok memiliki resiko terkena penykit stroke sebesar 50% (persen). Dikarenakan, merokok menyebabkan serangan transient ischemic (TIA), yang merupakan stroke kecil namun masih dapat disembuhkan. Akan tetapi beberapa orang dapat secara tibatiba mengalami stroke secara tiba-tiba ada tanda-tanda ataupun TIA sebelumnya. so be careful yah readers..

3.  Penyebab Terjadinya Kanker Paru-Paru


   Kata kanker pasti sudah sangat familiar di telinga readers. Yah, kanker ini sendiri adalah penyakit paling mematikan sampai saat ini. Karena, tingkat kesembuhan dari pasien yang terkena kanker sangatlah rendah dibandingkan dengan penyakit penyakit lainnya. Dikarenakan efek samping merokok yang dapat merusak sel-sel paru-paru sehingga dapat membentuk sel kanker.


4.  Bermasalah Pada Mulut Serta Tenggorokan


   Akibat selanjutnya ialah, gigi bernoda serta bau mulut yang sangat mengganggu. Pasti readers sekalian merasa aneh dan janggal, ada rasa malu bila ingin berbicara dengan orang lain. Kerusakan yang terjadi pada gigi ini merupakan masalah yang serius hingga menyebabkan penyakit gusi dan meningkatkan resiko terjadinya kanker lidah, kanker tenggorokan, kanker bibir, dan pecahnya pita suara. Ihhh serem..

5.  Gangguan System Reproduksi


   Dan yang terakhir adalah kerusakan organ,reproduksi akibat merokok, baik tiu pada pria maupun pada wanita. Pada pria, merokok dapat menyebabkan impotensi, dan kanker testis. Sedangkan pada wanita, dapat mengurangi kesuburan dan gangguan kehamilan.

Baca juga : Defisni sehat dan cara hidup sehat
         
     Hayooo.. masih pada mau merokok gak? Saya sih tidak. Mencoba pun saya tidak berani, kare saya sayang akan diri saya, keluarga saya, dan orang-orang di sekitar saya.
                   
   So buat para perokok “matikan rokok, sebelum rokok mematikan anda”.. jadi, sayangilah diri anda, keluarga anda dan orang-orang di sekeliling anda.. dan bagi yang belum mencoba apa itu rokok, sebaiknya pikir dulu matang-matang sebelum anda bertindak, hehehe..
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: