Sunday, April 16, 2017

Tentukan Tujuan Ngeblog Anda Terlebih Dahulu, Sebelum Anda Memulai Ngeblog

Indobloogger.- Tujuan merupakan salah satu  ketentuan yang paling dasar ketika kita ingin melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan. Ketika kita melakukan suatu kegiatan ataupun pekerjaan pastinya kita memiliki tujuan yang ingin di capai setelah kita melakukan kegiatan tersebut. Maka dari itu, sebelum kita melakukan suatu kegiatan biasanya kita sudah memikirkan apa yang mau kita capai ketika kita melakukan kegiatan tersebut, dan apa yang kita ingin capai ketika kita sudah selesai melakukan kegiatan tersebut.

Salah satunya yaitu kegiatan ngeblog. Pada tahun 2017 ini, blog semakin populer dan semakin bermunculan blog-blog baru, salah satunya blogi ini. Setiap orang yang membuat blog pastinya memiliki tujuan tersendiri yang ingin dicapainya. Tujuan seseorang membuat blog pastinya bermacam-macam. Ada yang ingin menghasilkan uang, bebagi ilmu, menyampaikan pendapat, untuk berlatih menulis, untuk blog harian atau biasa disebut dengan blog pribadi, dan masih banyak tujuan lainnya. Yang pasti setiap orang memiliki tujuannya masing-masing yang ingin dicapai ketika ngeblog.
tujuan ngeblog
Tentukan tujuan ngeblog anda mulai dari sekarang
Sebelumnya saya sudah membahas mengenai pengertian blog, fungi, dan jenis-jenis blog. Sehabis itu saya juga sudah membuat artikel tentang 7 manfaat yang bisa kita dapatkan ketika ngeblog. Artikel ini merupakan artikel lanjutan dari artikel yang saya sebutin tadi. Jika belom baca artikel tersbut silahkan baca terlebih dahulu. Karna tujuan saya membut blog ini untuk menuntut dari bawah para blogger-blogger pemula dan orang yang lagi ingin ngeblog juga.

Pada artikel ini saya ingin menjelaskan mengenai tentukan tujuan ngeblog anda terlebih dahulu, sebelum anda memulai ngeblog. Kenapa anda harus menentukan tujuan anda terlebih dahulu ?.
Karena agar anda tau apa yang mau dicapai setelah ngblog. Tujuan sendiri dibagi menjadi 3, yaitu: tujuan umum, tujuan khusus, dan tujuan akhir. Berikut penjelasan satu persatu mengenai 3 tujuan tersebut.



Tujuan umum

Tujuan umum merupakan tujuan yang mewakili semua tujuan. Contohnya seperti organinasi. Ketika sebuah organisasi didirikan pasti awal-awal organisasi tersebut membuat sebuah visi dan misi yang ingin dicapai oleh organisasi tersebut. Selain membuat visi dan misi, sebuah oraganisasi ketika awal-awal ingin di dirikan pastinya juga membuat program kerja selama satu tahun. Program kerja tersebut sudah tertata rapi di dokumen. Itulah contoh gampangnya. Untuk tujuan umum di dunia bloging tidak beda jauh dengan yang saya contohkan. Tapi, kita dapat menjabarkannya secara sederhana saja. Tidak perlu tertara rapih di dokumen. Cukup kita ingat di otak dan diresapi di hati.

Ketika saya membuat blog ini, blog yang artikelnya sedang anda baca. Saya memiliki sebuah tujuan yang paling umum, yaitu agar saya bisa membantu seorang blogger pemula agar bisa belajar blog dari nol di blog saya dan saya juga ingin membuat orang yang belum tertarik ngeblog agar merasakan ngeblog juga. Jadi intinya agar blog ini jadi bahan belajar bagi pemula. Maka dari itu tadi di awal artikel saya mengingatkan jika anda belum membaca artikel sebelumnya silahkan baca terlebih dahulu.

Untuk tujuan umum seorang blogger pasti satu sama lain memiliki tujuan tersendiri ketika mendirikan blog. Ada yang membuat blog sebagai catatan pribadi, ada juga yang membuat blog sebagai tempat promosi suatu produk, dan lain lain. Ketika saya menannyakan tujuan ngeblog seseorang di grup facebook banyak yang memberikan tujuanya satu persatu. Ada juga yang membuat blog hanya karna tugas kuliah tapi akhirnya dia suka ngeblog dan mencari tujuan sebenarnya. Saya pribadi tau blog juga gara-gara tugas sekolah. Untuk pengalaman ngeblog saya dari sd silahkan baca artikel berikut ini My Blog My Advandture.


Tujuan khusus


Tujuan khusus adalah rincian yang lebih jelas dari tujuan umum atau bisa dibilang  tujuan khusus megandung hal-hal yang lebih rinci yang ingin dicapai seseorang ketika melakukan kegiatan. Contohnya ketika seorang blogger memiliki tujuan umum membuat blog catatan pribadi tapi dia juga memiliki tujuan khusus, bisa jadi orang itu membuat blog catatan pribadi seperti curhatan kegiatan hariannya agar hati dia tenang. Biasanya yang membuat blog seperti ini kebanyakan kalangan perempuan. Perempuan biasanya butuh tempat curhat atau tempat mengeluarkan unek-unek yang di rasakan, jika belum mengeluarkan unek-uneknya biasanya perempuan itu akan nggak senang atau berasa ada yang kurang. Maka dari itu biasanya perempuan membuat blog dengan tujuan umum untuk blog catatan harian dan dengan tujuan khusus agar hatinya tenang. Itu contoh yang simpel aja. 


Tujuan akhir

Tujuan akhir merupakan tujuan yang ingin kita capai setelah kita melakukan kegiatan tersebut. Contohnya ketika kita melakukan olahraga rutin setiap hari kita mendapatkan badan yang sehat dan kuat. Itu contoh sederhananya. Kalau untuk ngeblog menurut saya tujuan akhirnya tidak ada. Karna ngeblog bukan kegiatan jangka pendek yang dapat di selesaikan. Seperti bermain game tapi yang tidak bisa tamat ceritanya. Itu menurut opini saya, jika anda mempunyai opini sendiri silahkan komen di kolom yang sudah saya sediakan.


Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita dapat yaitu sebaiknya sebelum anda memulai terjun di dunia blogging sebaiknya anda memikirkan tujuan apa yang ingin di capai ketika ngeblog dan anda membuat blog bertujuan untuk apa. Tujuan tersebut bisa anda tulis di kertas dan di pasang di tembok kamar anda atau di ingat-ingat. Tapi ada baiknya jika anda menulis di kertas agar tidak lupa. Karna kebanyakan orang sering lupa akan tujuan mereka ketika mereka sudah sukses dalam melakukan suatu pekerjaan.

Semoga dengan artikel ini para blogger indonesia mengingat apa tujuan sebenenarnya membuat blog. Dan untuk yang lagi mau membuat blog atau yang sudah membuat blog teteapi belom memiliki tujuan silahkan sehabis membaca artikel ini carilah dan berfikirlah apa sebenarnya tujuan anda membuat blog.

Sekian pembahasan mengenai artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel yang lain. Dan jika bermanfaat jangan lupa bantu share dengan menekan tombol di bawah ini.
Previous Post
Next Post

post written by:

22 comments:

  1. Buat orang yang baru terjun ke dunia blogging memang harus punya tujuan. Lalu teknik kemudian tambahan yang mungkin dibutuhkan. Banyak blogger baru yang terjun tapi tidak punya tujuan sehingga kandas di tengah jalan. Btw thanks infonya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. maka dari itu tujuan artikel ini di buat untuk mengingatkan teman teman blogger indonesia biar tidak lupa mencari atau memikirkan tujuan sebenarnya dia nge blog

      Delete
  2. Ya bener banget tu gan, tujuan kita ngeblog tu ap byar tepat dan nyaman kita ngelakuinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya gitulah gan.. ngeblog nggak sembarangan aja

      Delete
  3. Tujuan Ngeblog Anda Terlebih Dahulu, Sebelum Anda Memulai Ngeblog mnjadi langkah awal untuk menentukan persiapan yang akan di geluti,,
    sippp nice artikel gan...

    ReplyDelete
  4. thanks gan infonya sangat bermanfaat buat ngeblog viar sukses..

    ReplyDelete
  5. memulai dengan awal yang bagus
    jangan sampai salah arah

    ReplyDelete
    Replies
    1. yupss bener.. ibaratkan kita sedang dalam perjalanan

      Delete
  6. memang kalau ingin serius ngeblog dibutuhkan tujuan yang ingin dicapai
    seperti saya melakukan survey satu minggu untuk menentukan niche yang sesuai dengan keahlian saya

    ReplyDelete
  7. siipp gan
    jadi ngeblog itu tentu harus ada tujuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pasti ada tujuannya... semua kegiatan yang kita lakukan pasti ada tujuan

      Delete
  8. betul tuh, sebelum ngeblog memang harus mempunyai tujuan. Dan banyak juga orang yang tidak mempunyai tujuan dan pada akhirnya mereka berhenti dari dunia blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. tanpa tujuan kemungkinan besar pada akhirnya akan berhenti ngeblog

      Delete
  9. Kalau tujuan ngeblog saya brlajar menulis sekaligus menghasilkan uang dengan menjadi penulis artikel freelance. Nggak tahu ke depannyamau jadi apa blog saya ha ha ha......

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pasti punya tujuan terlebih dahulu aja... masalah berubah atau gimana lihat keadaan dan situasi ke depannya

      Delete
  10. Emng bener gan caranya gtu harus fokus

    ReplyDelete
  11. seperti kata para pakar, perencanaan dilakukan untuk menghindari kegagalan. Sesuatu yang dikerjakan tapi tidak direncanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan. Hehe

    ReplyDelete