Thursday, April 20, 2017

Cara Jitu Memilih Topik Blog Untuk Pemula

Memilih Topik Blog.- Sebelum kita membuat blog pasti kita harus menentukan terlebih dahulu topik apa yang ingin dibahas di blog kita. Untuk menentukan topik yang ingin kita bahas tidaklah mudah. Terkadang dikalangan para blog pemula susah untuk mencari topik yang ingin ia bahas. Selain itu, topik yang sudah kita tetapkan di dalam blog kita akan berpengaruh besar untuk berkembangnya blog kita. Maka dari itu ada baiknya sebelum kita membuat blog, kita harus sudah memikirkan sebuah topik yang akan kita bahas dalam blog tersebut.

Baru semalam saya dan teman saya ingin berkerja sama membuat sebuah blog. Setelah teman saya setuju untuk berkerja sama membuat blog, kami dibingungkan ingin membahas topik apa di blog yang ingin kami buat. Setelah berunding lama akhirnya kami menemukan titik terang. Dari pengalaman itu, saya mengambil keputusan bahwa menentukan topik itu susah susah mudah. Mungkin ada yang berpendapat gampang dan mungking ada yang berpendapat susah.

Perlu kalian ketahui, dalam memilih topik yang ingin kita bahas tidaklah sembarangan memilih. Karena ketika kita sudah menentukan satu topik yang ingin kita bahas, maka akan munculah beberapa masalah yang akan kita hadapi. Selain itu jika kita salah dalam memilih topik maka besar kemungkinan kita akan gagal. Kesalahan inilah yang sering dialami oleh blog pemula. Terkadang seseorang memilih topik yang sedang populer tapi dia tidak tau sama sekali mengenai topik tersebut. Yang sering terjadi dikalangan blogger pemula yaitu meniru topik blog orang yang sudah sukses dibidang tersebut. Tapi pada akhirnya tidak bertahan lama di topik tersebut, bisa jadi karna pesaing yang berat.

Pengalaman yang saya alami beberap bulan lalu yaitu ketika saya memilih topik pembahasan kemudian saya tidak bisa konsisten dengan topik tersebut. Contohnya ketika saya memilih blog dengan topik desain tetapi saya mengisi artikel dengan topik teknologi. Itu merupakan kendala saya dulu. Sebuah blog yang membahas banyak topik biasa disebut dengan blog gado-gado.
memilih topik blog
Cara Jitu Memilih Topik Blog Untuk Pemula
Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi ilmu mengenai cara jitu memilih topik blog, terkhusus artikel ini dibuat untuk para blogger pemula yang belum lama atau masih bingung untuk menentukan topik yang ingin ia bahas. Agar para blogger tidak menyerah terlebih dahulu sebelum mencoba.

Sebelum saya  ke topik pembahasan, jika kalian belum membaca salah satu artikel saya mengenai menentukan tujuan ngeblog anda sebelum anda memulai ngeblog. Silahkan anda membaca terlebih dahulu. Karena artikel ini lanjutan dari artikel tersebut, dan artikel ini ada sangkut pautnya dengan artikel tersebut.

Dalam memilih sebuah topik sebaiknya kita kembali memikirkan niat kita. Niat atau tujuan anda ingin ngeblog itu sebenarnya apa ? jika anda belum memikirkan hal tersebut, sebaiknya jangan melanjutkan membaca artikel ini!! , saya merekomendasikan anda untuk membaca artikel yang saya singung di atas tadi. Disitulah sangkut paut artikel tersebut dengan artikel ini.

Niat atau tujuan dalam melakukan suatu hal itulah yang paling terpenting. Jika anda tidak memiliki niat atau tujuan ketika ingin melakukan suatu hal maka jangan lakukan kegiatan tersebut. Kenapa anda susah payah melakukan kegiatan tersebut jika anda tidak memiliki tujuan yang jelas.

Jika anda sudah memiliki niat atau tujuan ngeblog yang jelas, maka anda layak untuk melanjutkan membaca artikel ini sampai habis. Berikut beberapa cara jitu memilih topik untuk blog anda:


1.Memilih topik sesuai tujuan ngeblog anda

Poin sebelumnya saya sudah menghimbau anda untuk kembali memikirkan apa tujuan ngeblog anda. Setelah anda mengetahui atau ingat tujuan ngeblog anda langkah selanjutnya yaitu mencari topik untuk blog anda yang sesuai tujuan awal anda. Contohnya saya sendiri. Saya mempunyai tujuan ngeblog untuk membantu para blogger pemula agar tidak kesulitan dalam ngeblog, karna saya juga masih pemula, ada baiknya saya belajar sambil mengajar. Karna tujuan itu saya membua blog ini dengan topik pembahasan seputar dunia bloging. Jadi, jika anda sudah memiliki tujuan maka ketika mencari topik jangan jauh jauh dari tujuan anda. Tapi untuk poin ini hukumnya tidak wajib. Jadi semua pilihan kembali kepada anda.

2.Memilih topik sesuai hobi anda

Jika anda sudah membaca poin satu dan dua tetapi belum juga mendapatkan topik yang ingin dibahas. Anda dapat menggunakan poin ini untuk mencari topik yang ingin dibahas di blog anda. Memilih topik sesuai hobi merupakan salah satu cara jitu menemukan topik yang cocok. Jika hobi anda memasak, maka anda cocok membuat blog dengan topik memasak. Jika hobi anda olahraga, anda bisa membuat blog dengan topik olahraga. Poin ini memang poin yang sangat gampang untuk mendapatkan topik yang ingin dibahas. Selain gampang, jika anda sudah mendapat topik yang sesuai hobi anda. Anda tidak akan bosan-bosannya ngeblog. Karena yang anda bahas mengenai hobi anda.

3.Memilih topik sesuai keahlian atau perkerjaan

Selain anda bisa memilih topik sesuai hobi anda. Anda juga dapat memilih topik sesuai keahlian atau perkerjan yang bisa anda lakukan. Keahlian yang bisa kita lakukan belum tentu itu hobi kita. Maka dari itu kita bisa memilih topik sesuai dengan keahlian kita atau pekerjaan kita. Salah satu keuntungannya yaitu ketika anda memilih topik sesuai keahlian anda. Anda akan menyajikan artikel yang sesuai dengan pengalaman anda, dan ketika anda membuat artikel, bisa jadi anda tidak akan kebingungan dalam menerangkannya. Karna topik yang dibahas sesuai keahlian anda.

4.Memilih topik yang ingin anda pelajari

Cara ini yang biasa saya lakukan ketika saya ingin mencari topik. Jadi intinya kita memilih sebuah topik yang ingin kita pelajari juga. Keuntungannya anda mendapatkan wawasan baru dan anda juga sudah mengamalkannya, selain itu anda juga sudah mengajarkannya kepada orang lain. Riset mengatakan, otak kita akan semakin kuat mengingat akan suatu hal jika kita mengajarkannya. Katanya sih bisa meningkat 90%. Kalau nggak percaya bisa buktikan sendiri. Misalkan anda ingin mempelajari mengenai teknologi. Anda baca-baca artikel di internet kemudian anda pelajari. Kalau bisa di praktekan boleh dipraktekan. Sehabi itu anda bisa membuat artikel sesuai apa yang sudah anda pelajar tersebut.

5. Pilihan terakhir

Poin kelima ini hanya untuk orang yang memang sudah tidak mempunyai pilihan lain. Tetapi perlu di ingat, jika anda belum dapat memilih topik sehabis membaca poin satu sampai empat, anda bisa mencari cara lain di blog orang lain. Barangkali anda akan dapat memilih topik yang cocok. Karena tidak hanya saya saja yang membuat artikel sejenis ini. Jika memang sudah bolak balik mencari tapi tidak dapat juga. Maka pilihan terakhir ini yang cocok buat anda. Membuat blog dengan topik gado-gado(bukan gado-gado makanan). Blog gado-gado merupakan blog yang membahas banyak topik di blog tersebut. Mungkin cara itu yang cocok buat anda. Tapi jika memang anda sudah tidak tau mau memilih topik apa dan anda sudah terlanjur memilih untuk membuat blog gado-gado sebaiknya di pertengah perjalaan anda memikirkan kembali dan membuat pelan-pelan blog yang membahas satu topik saja.

Kesimpulan

Memilih sebuah topik memang tidak semudah dibayangkan. Ada yang  mungkin gampang memilih topik bagi yang sudah berpengalaman, ada yang juga susah mencari topik yang ingin ia bahas. Tapi perlu anda ingat jika anda gagal setelah anda memilih topik sebaiknya jangan pantang menyerah. Belajarlah banyak dari kegagalan tersebut. Saya sendiri sudah pernah gagal dalam ngeblog. Sebelum saya membuat blog yang ini, saya sudah membuar lebih dari 5 blog yang gagal dan saya tidak pantang menyerah untuk memulainya kembali. 

Jadi jangan berkecil hati dan jangan pantang semangat ketika anda gagal dalam suatu hal. Semua pasti indah pada saatnya. Jika anda memiliki tips jitu atau sebuah cara jitu untuk memilih topik blog, sebaiknya anda berbagi dengan berkomentar di kolom komentar yang sudah saya sediakan.

Agar blog anda memiliki manfaat yang banyak untuk orang lain yang membaca, sebaiknya anda jangan berfikiran ingin mendapatkan uang, terkecuali untuk blog bisnis atau sejenisnya. Selain itu, ngeblog juga memiliki beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan. Silahkan baca artikel di blog saya mengenai 7 manfaat ngeblog. Jangan terlalu fokus terhadap uang, tetapi fokuslah dalam memberi manfaat kepada orang, kemudian uang akan menghujanimu.
Previous Post
Next Post

post written by:

2 comments: