Wednesday, December 28, 2016

Pengertian Blog, Sejarah dan Jenis-jenis Blog Pada Umumnya

Blog Adalah ?.- Pengertian blog biasanya sudah sering dijabarkan oleh blog diluar sana, dan pastinya banyak opini yang berbeda-beda, tetapi sebenarnya intinya sama saja. Selain itu, blog juga memiliki sejarah perkembangannya. Tidak mungkin sebuah situs tidak memiliki perkembangan, pastinya setiap setius memiliki perkembangnya masing-masing. Dan selain pengertian dan perkembang blog, Blog juga dibagi menjadi beberapa jenis-jenis. Maka dari itu sebelum kita terjun ke dunia blog, alangkah baiknya kita mengerti poin-poin dasarnya terlebih dahulu.


Untuk orang yang belum mengerti blog pastinya bertanya-tanya di benak kepalanya mengenai definisi atau pengertian blog itu sendiri. Memang wajarnya begitu, ketika kita mendengar sebuah kata yang asing bagi kita, kita pastinya akan bertanya arti dari kata tersebut. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian blog beserta sejarahnya dan tidak lupa dengan beberapa jeni blog pada umumnya.


Pengertian blog dan sejarah blog
Pengertian Blog, Sejarah dan Jenis-jenis Blog Pada Umumnya
Disini saya akan membagi menjadi 4 poin penting agar mudah dimengerti dan dipelajari. Maka dari itu jika anda sudah mengerti di beberapa poin bisa silahkan loncat ke poin berikutnya atau ke poin yang belum anda mengerti. Tapi ada baiknya dibaca semuanya hingga tuntas, tidak ada salahnya membaca semua hingga tuntas. Oke, langsung simak aja poin-poin tersebut.

Pengertian Blog

Poin pertama saya akan membahas tentang pengertian blog. Merujuk dari laman wikipedia dan laman-laman yang lainnya. Blog merupakan singkatan dari kata web log. Blog adalah sebuah aplikasi web yang terbentuk dalam sebuah tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman Website.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik ( isi terbaru lebih dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat kita akses melalu perangkat internet dan sesuai dengan topik dan tujuan dari isi pengguna blog tersebut


Perlu kita ketahui, Blog dan Website itu berbeda pengertian. Blog memiliki pengertian tersendiri dan Website juga memiliki pengertian tersendiri. Untuk perbedaan yang sangat sederhana yaitu blog berada pada Website sedangkan Website tidak berada pada blog.


Untuk lebih lanjutnya mengenai perbedan Blog dan WEB saya akan membuatkan artikelnya.

Sejarah Blog

Media blog yang muncul pertama kali yaitu blogger.com yang dimiliki oleh Pyra Labs dan pada akhirnya blogger.com diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. 

Semenjak itulah banyak bermunculan aplikasi-apalikasi yang bersifat sumber terbuka. Aplikas-aplikasi yang bermunculan ini diperuntukkan kepada para pengembang penulisan blog tersebut.

Blogger hingga saat ini masih melanjutkan perkembangnannya dari tahun ke tahun. Untuk tahun 2017 ini, Blogger juga meluncurkan 4 template. Dari situlah kita ketahui bahwasanya blogger masih mengembangkan situsnya agar lebih baik dari hari sebelumnya. Template apa saja yang dirilis oleh blogger, silahkan baca artikel berikut 4 template terbaru 2017

Fungsi Blog

Blog memiliki fungsi yang sangatlah beragam. Mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi, program-progam media, perusahaan-perusahaan d.l.l . 

Sebagian blog biasanya dikelola oleh seorang penulis tunggal dan sebagian lainnya dikelola oleh beberapa penulis. Kampus go blog merupakan blog yang dikelola oleh seorang penulis tunggal. Tetapi, blog tetaplah merupakan sarana media berbagi tentang banyak hal.

Selain itu, blog juga memiliki banyak manfaat yang dapat kita rasakan. Untuk lebih lanjutnya silahkan baca artikel ini 7 Manfaat yang bisa kita dapatkan ketika ngeblog.

Jenis-jenis Blog

Sarana berbagi tentang banyak hal, Tentunya blog dapat melakukan banyak hal. Dalam dunia blogging (istilah bagi pengguna blog), blog memiliki berbagai macam jenis. yaitu diantaranya:

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya,perkembangan mode,selera fesyen,liputan pameran mode,dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Seiring berjalannya waktu. Jenis-jenis blog mengalami perkembangan atau bisa disebut semakin banyak bermunculan jenis-jenis blog yang lainnya dan tak mampu saya jabarkan satu persatu. Tetapi perlu diingat dan saya menegaskan dengan setegas-tegasnya. Anda jangan sekali-kali membuat blog tapi tujuannya hanya untuk merugikan orang lain. Kalau memang tujuan anda seperti itu, sebaiknya jangan membuat blog. Anda sudah merugikan orang lain dan anda juga merugikan diri sendiri untuk menghabiskan waktu yang sia-sia

Penutup

Ngeblog (istilah blogging bagi blogger di indonesi) merupakan kegiatan yang tidak murah artinya. Dari ngeblog inilah kita bisa melakukan berbagai hal. Saya sebagai blogging pemula merasakannya sendiri. Bagi saya ngeblog itu seperti kita menjadi guru ataupun dosen di dunia maya.

Jika anda berminat berpetualang di dunia blog silahkan baca-baca artikel yang mengenai blog terlebih dahulu. Untuk selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai manfaat blog.


Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel-artikel yang lainnya yang tak kalah penting dengan artikel ini.
Previous Post
Next Post

post written by:

38 comments:

  1. Wow, blogger berarti sekarang sudah berumur 15 tahun? Keren

    ReplyDelete
  2. blog untuk kedepannya akan meningkat seiring perkembangan zaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoi bro... sekarang juga udah muncul template baru dari blogspot

      Delete
  3. Ternyata blog banyak macam nya. Saya kira yang namanya blog itu tentang cara dan informasi.. nice artikel sob

    ReplyDelete
  4. Wih makasi bang infonya . Bisa memperdalam ilmu saya tentang blog

    ReplyDelete
  5. dapet sejarah tentang blog, baru tau kalo blogger punya Pyra Labs

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuman baca baca tercnyata kepunyaan pyra labs

      Delete
  6. wah bacaan yang sangat pass buat pemula dan yang ingin mempelajari sejarah

    ReplyDelete
  7. HMmmm dikirain blog itu produk asli google, eh ternyata dulu berdiri sendiri yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Google biasanya cuman beli gan... itu produk masyarakat

      Delete
  8. oh iya blog teknologi juga ada gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup..itu cuman beberapa contoh aja gan.. contoh yang lainnya juga masih banyak

      Delete
  9. Mantab sekali, sangat lengkap penjelasannya sampai akar akarnya :D

    ReplyDelete
  10. Menurut saya blogg itu selain gratis memiliki fitur yang lumayan banyak, mungkin kedepan akan meningkat

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinya akan di tambah fitur-fitur yang semakin menarik

      Delete
  11. Terima kasih gan , artikel nya sangat bermanfaat sekali . dan membuat saya semakin mengetahui apa itu blog :)
    .
    buat agan kalo mau template , silahka kunjungi blog saya :)
    http://mirnadesign.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  12. nice info gan, cocok buat yang blm tau apa itu blog dan yang mau memulai blogging

    ReplyDelete
  13. Informasi dasar pengenalan seputar blog seperti ini sangatlah penting terutama bagi kita yang baru ingin mencoba membuat blog.. Dengan mengenal sejarah blog pastinya calon pemilik blog setidaknya bisa mengetahui arah dan tujuan blog yang akan mereka buat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget mas... emang yang paling dasar kita haru mengetahui blog itu apa

      Delete
  14. Informasi masih mengenai blog ini sangat penting , terutama buat saya sendiri yang baru saja mengenal apa itu blog :) makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmmm .. alhamdulillah kalo artikel saya bermanfaat :)

      Delete