Tuesday, March 21, 2017

Dari Mana Seorang Youtuber Dapat Menghasilkan Uang

IndoBloogger.- Youtube merupakan salah satu situs yang dapat menghasilkan uang. Orang yang menghasilkan uang dari youtube biasanya di sebut dengan Youtuber. Rumor nya, alexa menempatkan situs youtube di urutan ketiga yang sering di akses setelah google dan facebook. Youtube berdiri pada tahun 2005 yang didirikan oleh 3 mantan karyawan paypal.
penghasilan seorang youtuber
Dari Mana Seorang Youtuber Dapat Menghasilkan Uang
Di indonesia tentu saja masyarakat sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. Selain Youtube dapat di gunakan untuk menggungah,menonton dan berbagi video. Youtube cernyata juga dapat menghasilkan uang. Akhir-akhir ini banyak bermunculan chanel-chanel youtube dari indonesia. 

Seorang youtuber pasti memiliki penghasilannya sendiri-sendiri melalui youtube. Oleh karna itu saya disini akan membahas mengenai dari mana pendapatan seorang youtuber. Berikut beberapa cara youtuber menghasilkan uang.


1. Iklan Google / Youtube

Ketika seorang youtuber mengupload sebuah video di Youtube. Pasti akan diberi pilihan untuk menyalakan iklan di video tersebut. Jika memilih menyalakan iklan tersebut, maka Youtube/Google akan menampilkan iklan di dalam video ataupun di luar video. Sebagai balas budinya, Youtuber akan mendapatkan imbalan 55% dan 45% penghasilannya untuk Youtube/Google.

Untuk jenis iklan yang di tampilkan meliputi 3 jenis yaitu:
  • Iklan yang akan muncul di awal video sebelum video dimulai atau biasa disebut dengan in-stream ads
  • Iklan yang berada di pojok kanan atas halaman yang biasa disebut dengan disply ads
  • Iklan yang berada di bawah video atau biasa disebut dengan overly ads
Iklan-iklan tersebut akan menghasilkan rupiah jika ada yang menakan iklan/melihat iklan-iklan tersebut. Sistem yang digunakan untuk menghitung penghasilan dari iklan ini adalah CPM (Cost Per Mille). Iklan yang muncul akan dihitung/dibayar per 1000 kali tayang. Untuk per 1000 kali tayangnya akan dibayar kurang lebih 1$ (satu dollar AS). Tapi bayaran ini bisa saja meningkat dan menurun menurut kualitas dari video yang diupload seorang youtuber. Oleh karna itu untuk menghitung secara akurat untuk jumlah penghasilannya akan sangat susah. Dan setiap video yang di tonton bisa jadi tidak muncul iklannya. Maka dari itu penghasilan tidak bisa di hitung dari jumlah view video.
contoh iklan in-stream ads
contoh iklan in-stream ads
NB: Jika ingin mendapatkan iklan dari google/youtube, video anda harus lolos dari copyright / plagiat kontent video lain. Plagiat yang dimaksud bisa berupa gambar,video, dan audio. Dengan kebijakan baru saat ini, Youtube akan memunculkan iklan ketika sudah mencapai 10000 view.

2. Brand Deals

Selain dari iklan yang di sediakan google/youtube. Youtuber juga mempunyai penghasilan dari perusahaan ataupun perorangan yang ingin mensponsori chanel youtube tersebut. Biasanya untuk sponsor tersebut harus bersangkut paut dengan isi chanelnya. Jika isi chanel tentang komputer maka perusahaan yang akan mensponsori biasanya perusahaan dibidang komputer. Jadi pada intinya tidak jauh dari topik yang dibahas di chanel tersebut. Untuk penghasilannya bisa berbeda-beda. Tergantung perusahaan tersebut akan membayar berapa.

ContohnyPewDiePie yang rumor penghasilannya satu tahun mencapai 12 juta dolar AS atau setara dengan 162 miliar. Penghasilan PewDiePie tidak seluruhnya dari iklan youtube / google. PewDiePie juga sering maendapatkan sponsor dari perusahaan-perusahaan besar. Dari sponsor tersebut biasanya PewDiePie akan menampilkan perusahan tersebut di video youtubenya.



3. Menjual Produk

Seorang youtuber juga bisa memanfaatkan kesempatan untuk menjual produk. Seperti kaos, jaket, topi, gelang dan lain-lain. Dari sinilah seorang youtuber memiliki peluang bisnis yang tinggi. Karena sudah memiliki pengikut jadi tidak perlu susah susah mencari pelangan lagi. Tinggal menawarkan sebuah produk yang ia buat di akhir video maka subscribe biasanya akan membelinya. Apa lagi jika memiliki fans, 100% produknya akan dibeli oleh para fans. Untuk penghasilan pastinya tidak perlu di ragukan lagi. Jika sudah memiliki laba itu dah untung banget.


4. Celebrty Jobs

Jika sudah terkenal di youtube biasa ada pihak dari perusahaan perfilman yang akan menawarkan pekerjaannya menjadi seorang aktor. Selain menjadi aktor biasanya juga di pangil untuk mengisi public speaking di sebuah acara atau menjadi bintang tamu di tv lokal. Dari situlah youtuber mendapatkan sebuah income tambahan yang cukup besar.

Contohnya Raditya Dika yang hingga saat ini masih menjadi Youtuber. Selain menjadi Youtuber Raditya Dika juga menjadi bintang TV, Aktor Film, dan Pengisi acara di sebuah forum.

kesimpulan

Seorang yotuber memiliki peluang besar untuk menghasilkan uang. Tapi pastinya harus di ikuti dengan usaha yang besar dan keras. Maka dari itu berusaha sekeras mungkin di bidang yang sedang anda tekuni. Mungkin saat ini penghasilan tidak seberapa, tetapi suatu saat semua itu akan berubah yang sebelumnya buruk akan menjadi indah.
Previous Post
Next Post

post written by:

12 comments:

  1. Apalagi kalau viewersnya banyak, uang ngalir tiap bulan

    ReplyDelete
  2. Bener gan.. kebanyakan dari iklan dan Endorse gitu, contohnya kaya Chandraliow, kalo ngendorse suka kreatif. salut!

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua orang pasti punya cara nya sendiri..

      Delete
  3. Sama kayak di selebgram ya , Endorse Produk Online shop ini itu dan ngulas produk nya..

    ReplyDelete
  4. Mikirin konten dlu, mau bikin chanel youtube,

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ane yang paling penting itu asli buatan tangan sendiri

      Delete
  5. youtuber penghasilan'a dari video gan,,,
    ndak percaya ? silahkan lihat jika tidak ada video tidak ada iklan yang muncul wakwkakka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk :v ya namanya juga youtuber pasti buat video....

      Delete
  6. Youtube iklan adsene^^
    Gue dah pnya youtube dan penghasilan msih niewbe, maklum bru buat channel
    Nice gan..

    ReplyDelete