Tuesday, March 21, 2017

Pengertian Backlink Beserta Fungsinya Untuk Blog

Pengertian Backlink.- Setiap pelaku seo pasti tak asing lagi dengan istilah backlink yang salah satu fungsinya untuk meningkatkan page rank blog. Tetapi bagi pemula yang sedang mempelajari seo pasti selalu bertanya apa itu backlink. Dengan adanya backlink, maka ada banyak link yang akan mengarah ke blog kita. Tetapi untuk mendapatkan backlink tidaklah sembarangan asal taruh link saja. Kita juga harus mempertimbangkannya terlebih dahulu. Karena tidak semua tempat cocok untuk menaruh link kita. Bisa disebut juga dengan backlink berkualitas dan backlink tidak berkualitas.

Mungkin ada yang pernah berkata semakin banyak backlink semakin bagus nanti blog kita. Tapi kalau backlinknya tidak berkualitas sama saja. Saya pribadi jarang sekali mencari backlink. Mungkin hanya melalui media sosial seperti facebook, twitter ataupun yang lain. Oleh sebab itu perlu diperhatikan ketika kita ingin mencari backlink. Jangan sampai kita menaruh link tapi kesannya hanya menyampah di tempat. 
Pengertian Backlink Beserta Fungsinya Untuk Blog
backlink
Dulu ketika saya baru pertama kali mengenal blog, saya juga belom tau tentang hal ini. Saya dulu juga hanya asal ngeblog saja. Tidak mengerti ilmu-ilmu nya. Untuk pengalaman ngeblog saya, anda bisa membaca artikel my blog my advanture di blog ini. Di artikel tersebut saya menceritakan perjalanan ngeblog saya dengan singkat.

Untuk mencari atau menanam backlink tidak semudah yang anda bayangkan. Anda harus mengerti terlebih dahulu apa itu backlink lebih dalam lagi. Maka dari itu, kali ini saya akan membahasnya di artikel ini dengan singkat,padat,dan jelas.

Sebelum saya masuk ke topik pembahasan. Disini saya akan membagi menjadi 4 poin penting yang akan saya bahas satu persatu. yaitu:
  1. Pengertian backlink
  2. Fungsi backlink untuk blog
  3. Macam-macam backlink
  4. Cara membuat atau mendapatkan backlink

1. Pengertian backlink

Backlink adalah link yang terdapat diluar blog kita yang dimana link tersebut mengarah/menuju ke blog kita. Arti backlink secara bahasa yaitu "tautan balik". Backlink juga memiliki  sebutan lain yaitu inbound link dan incoming link.

2. Fungsi backlink untuk blog

Backlink pastinya juga memiliki fungsi yang bermanfaat untuk blog. Berikut beberapa fungsi backlink yang saya ketahui:
  • Meningkatkan posisi blog pada mesin pencarian
Salah satu fungsi backlink yaitu backlink membantu dalam meningkatkan rank blog kita dalam mesin pencarian
  • Mempertahankan posisi blog di mesin pencarian
Jika blog kita sudah berhasil mendapatkan posisi terbaik di mesin pencarian. Maka backlink juga berfungsi sebagai alat bantu untuk mempertahankan posisi blog di mesin pencarian
  • Meningkatkan trafik blog
Tentunya jika kita mendapatkan backlink yang berkualitas maka pengunjung blog kita juga akan meningkat pesat.

3. Macam-macam backlink

Selain memiliki fungsi yang bermanfaat, backlink juga memiliki beberapa macam jenis. Berikut beberapa macam jenis backlink yang saya ketahui:
  • Backlink Comment
Backlink comment adalah seseorang yang berkomentar disuatu situs dengan menyertakan link yang mengarah ke blog orang tersebut. Jadi, backlink ini sering kita jumpai di kolom komentar.
contoh backlink comment facebook
contoh backlink comment facebook
  • Backlink Profile
Jenis backlink yang satu ini bisa kita jumpai di berbagai forum-forum atau website yang menyediakan kolom regristrasi.
  • Backlink Contextual
Backlink ini biasa terdapat di dalam sebuah postingan ataupun artikel. Biasanya backlink ini didapatkan melalui sebuah forum yang dimana di forum tersebut kita membuat sebuah postingan ataupun artikel dan kita menyisipkan link yang tertuju pada blog kita.
  • Backlink Private Blog Networks (PBN)
Nah, untuk backlink yang satu ini biasanya dapat kita jumpai di sebuah blog yang suda expired. Kemudian di dalam blog tersebut mengarah kesitus yang sebenarnya. Untuk mendapatkan backlink ini, kita perlu mengeluarkan biaya untuk membelinya.
  • Backlink Blogspot
Untuk macam backlink yang terakhir ini biasanya kita jumpai di sebuah situs blog yang artikelnya terdapat link mengarah ke blog orang lain. Maka dari itu, untuk mendapatkan backlink ini, kita harus membuat kesepatakan dulu kepada pemiliki blog untuk menulis sebuah artikel dan disisipkan sebuah link yang mengarah ke blog kita.

4. Cara membuat/mendapatkan backlink

Untuk membuat atau mendapatkan backlink sebenarnya sangatlah mudah dan ada yang gratis dan ada yang tidak gratis. Berikut beberapa contoh cara membuat/mendapatkan backlink.
  • Berkomentar di blog orang lain
Cara yang pertama yaitu kita berkomentar di blog orang lain dan menaruh link aktif yang menuju ke blog kita. Tetapi cara ini sangat tidak saya rekomendasikan karena banyak blogger-blogger indonesia yang tidak suka blognya di komentari dengan link aktif. Terutama saya. Selain itu, Google akan mengangap blog kita spam, alhasil besar kecil kemungkinan blog kita akan tidak di index oleh Google di mesin pencarian.
  • Memposting status di sosmed
Cara yang kedua yaitu kita memposting  artikel kita di status sosmed. Biasanya setelah saya membuat artikel di blog, saya akan memposting/share link artikel tersebut di fandpage Facebook dan Twitter. Cara ini yang sering saya gunakan untuk mendapatkan backlink.
Contoh backlink di postingan fandpage facebook
Contoh backlink di postingan fandpage facebook
  • Membeli backlink
Cara ketiga yaitu membeli backlink. Membeli backlink biasanya di sediakan oleh beberapa situs perusahaan backlink. Dengan cara ini kita dapat mendapatkan backlink yang berkualitas asalkan perusahaan backlink tersebut sudah terpercaya dan berpengalaman.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya, backlink itu sangatlah penting untuk menaikan rank blog kita serta penting dalam menarik visitor ke blog kita. Tapi, jangan sembarang menaruh backlink karena bisa di angap spam oleh Google, apalagi blog yang masih berumur 1 bulan (blog baru). Dan selain itu, carilah backlink yang berkualitas agar tidak sia-sia menaruh link blog kita.
Previous Post
Next Post

post written by:

12 comments:

  1. backlink memang penting banget buat optimisasi blog bro.... jaya selalu blognya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang bener bro .. backlink tu juga penting..makasih bro dah berkunjung

      Delete
  2. Saya harus belajar lg cara backlink. Saya masih pemula.. artikelnya bermanfaat gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga masih pemula gan... saya belajar nya juga pas buat artikel .. di situ saya sambil nulis artikel sambil belajar juga.. makasih gan

      Delete
  3. kadang ane suka nyari backlink itu yang gratis namun berkualitas hehe

    ReplyDelete
  4. Mantap info nya jadi saya bisa tau nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah kalau jadi bisa tau .. ikut seneng

      Delete
  5. satu hari sebaiknya tanam berapa backlink ya bro...biar ga ditendang google ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ane pernah di kasih tau orang yang berpengalaman. sebaiknya sehari maksimal 3 backlink. tapi kalau emang udah blog besar kayaknya nggak masalah asalkan jangan spam

      Delete
  6. mantab gan, untuk anda yang membutuhkan asupan backlink bisa ke >>> backlinksatu.com

    ReplyDelete
  7. Bang maun nanya, kata google link juice itu hanya mitos sedangkan beberapa pakar seo bilangnya link juice itu penting. Yg bner yg mana?

    kata kata motivasi

    bosan

    diet sehat alami

    kata kata motivasi

    gambar cewe cantik

    kata kata bijak kehidupan

    gabut

    sange twitter

    tongkrongan

    ReplyDelete