Sunday, January 1, 2017

Coding HTML-Pengertian HTML

Pengertian HTML.-HTML merupakan bagian dasar dalam pembuatan website. Maka dari itu, kali ini saya akan membahas tentang pengertian HTML.
Coding HTML-Pengertian HTML
Coding HTML-Pengertian HTML
HTML berasal dari singkatan Hypertext Markup Language. HTML disebut hypertext karena HTML merupakan sebuah text yang biasa tetapi dapat berfungsi lain.

HTML disebut Markup Language karena bahasa HTML menggununakan simbol/tanda (mark). Contohnya yaitu ada sebuah text tertentu yang tulisannya miring atau tebal (bolt). Tanda inilah yang disebut sebgai HTML tag.

Jika anda ingin mengetahui bagaimana sebenarnyata HTML, silahkan klik kanan pada halaman ini dan tekan tulisan inspeksi. Maka akan tampil sebuah halaman di samping/dibawah (biasanya) itu yang disebut sebagai kode HTML.

Jika anda merasa pusing ataupun bingung dengan text tersebut. Tenang saya juga pernah merasakan . Tetapi dihalaman tersebut tidak hanya ada text HTML saja. Di halaman tersbut ada banyak jenis text. Yaitu text PHP, text CSS, text JAVASCRIPT , dan lain sebagainya. HTML merupakan text paling dasar dari semua text tersebut. Jadi mari kita belajar bersama.

HTML bukan merupakan bahasa pemograman, melainkan bahasa markup. Jika anda sudah pernah atau belajar bahasa pemograman seperti bahasa c, c++, python dan lain sebagainya. Maka anda akan menemukan bahasa seperti IF, ELSE, LOOP, maupun variabel. Di dalam text HTML anda tidak akan menemukan bahasa/text seperti itu.

Versi lama HTML yaitu xHTML. xHTML yaitu singkatan dari eXtensible Hypertext Markup Language. xHTML tidak  beda jauh dari HTML.

File HTML bisa kita buat di program Notepad. Dalam tutorial berikutnya. Saya akan membahas 2 aplikasi editor html.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: